Mulai Tahun Depan Bayar Jalan Tol Tak Perlu Injak Rem

fea | CNN Indonesia
Kamis, 30 Dec 2021 11:36 WIB
BPJT menyatakan teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) yang membuat transaksi di gerbang tol nirsentuh akan diluncurkan pada Juli 2022. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan teknologi bayar tol tanpa sentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) akan diterapkan Juli 2022. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gerbang tol berteknologi nirsentuh bernama Multi Lane Free Flow (MLFF) akan mulai diterapkan Juli 2022 menurut pernyataan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Teknologi ini dapat memangkas antrean di gerbang tol lantaran pengemudi tak perlu lagi menginjak rem.

Cara membayar transaksi telah berubah makin canggih seiring waktu. Sebelumnya di setiap gerbang tol perlu ada petugas yang membantu untuk menerima uang tunai, menyiapkan kembalian, menyerahkan struk, lalu membuka gerbang pada setiap transaksi.

Lalu teknologinya berubah jadi menggunakan kartu uang elektronik yang tak memerlukan petugas siaga di loket karena transaksi dilakukan tapping.


Kini pengembangan teknologi masuk ke cara modern yang konsepnya tanpa sentuhan berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS) untuk mengenali dan menentukan posisi kendaraan yang masuk ke jalan tol.

Ada tiga cara melakukan transaksi, pertama memakai electronic on-board unit berupa aplikasi yang diunduh pada ponsel. Aplikasi ini terintegrasi dengan sistem pembayaran di gerbang tol.

Cara kedua menggunakan On-Board Unit (OBU) yang dipasang di kendaraan, perangkat ini juga terintegrasi untuk melakukan pembayaran di gerbang tol. Meski begitu perlu dicatat berarti masyarakat perlu membeli alat ini dulu, biayanya perlu diperhatikan lantaran harganya cukup mahal.

Alternatif lain yakni menggunakan electronic route ticket atau tiket sekali jalan.

Kepala Subbidang Operasi dan Pemeliharaan I BPJT Galuh Permana Waluyo menjelaskan menjelaskan masyarakat bisa memilih cara sesuai kebutuhan. Misalnya jika tidak sering memakai jalan tol, mungkin masyarakat bisa memanfaatkan tiket sekali jalan.

Galuh mengatakan saat ini pihaknya masih mempersiapkan penerapan MLFF. Dia juga menyinggung sosialisasi hal ini perlu dilakukan agar dipahami masyarakat.

"Saat ini kita masih berproses, kami targetkan nanti aplikasi (MLFF) itu akan siap diluncurkan kepada masyarakat pada Juli 2022. Tentunya hal ini membutuhkan sosialisasi yang cukup masif," ujar Galuh seperti diberitakan Antara, Selasa (28/12).

Kata Galuh MLFF bisa menghemat waktu 30 detik hingga 5 menit yang biasanya dibutuhkan untuk transaksi di gerbang tol.

Penerapan MLFF pada Juli 2022 lebih cepat dari pernyataan BPJT sebelumnya yaitu pada September 2022. Implementasi penuh MLFF dikatakan akan terjadi satu tahun kemudian.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER