KONSULTASI OTOMOTIF

Penyebab Motor Matic Bunyi Krok Krok

CNN Indonesia
Minggu, 02 Jan 2022 13:11 WIB
Suara krok-krok motor matic kerap terdengar. Munculnya suara diduga ada kerusakan pada komponen. Ilustrasi suara krok-krok pada motor matic. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertanyaan: Kenapa motor matic terkadang mesinnya bunyi "krok krok". Apakah selalu berhubungan dengan CVT?

Penanya: @odellialavenia

Jawaban: Motor matic banyak komponen yang bisa mengakibatkan bunyi tersebut di antaranya clip slider atau biasa disebut clip pulley. Pemilik bisa juga mengecek kondisi roller-nya apakah sudah terkikis.


Kemungkinan lain dari bearing kruk as, yang kondisi sudah kurang baik atau aus. Kerusakan komponen ini juga bisa menimbulkan bunyi yang tidak enak didengar.

Pemilik yang paham sumber suara krok-krok bisa mengganti komponen yang rusak di rumah saat akhir pekan, namun jika tidak sebaiknya serahkan ke ahlinya.

Ergus - Tangerang, Banten (IG R59 Racing)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.com.

(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER