Ford Everest Segera Dirilis di RI, Harga Senggol Hyundai Palisade

Rayhand Purnama | CNN Indonesia
Senin, 03 Jan 2022 11:40 WIB
Ford Everest akan menjadi model pertama yang dijual di Indonesia usai hengkang pada 2016. Ford Everest akan bersaing di segmen SUV dalam negeri mulai 2022. (Foto: AP/Mark Schiefelbein)
Jakarta, CNN Indonesia --

RMA Group Indonesia akan memasarkan mobil-mobil Ford mulai 2022. Satu model yang direncanakan meluncur perdana adalah Sport Utility Vehicle (SUV) Everest yang bakal bersaing dengan Mazda CX-9 dan Hyundai Palisade dari sisi harga.

"Harga mungkin Rp700 juta- Rp800 juta [SUV Everest], tapi belum resmi masih penggodokan. Tahun depan akan kami umumkan," kata Marketing Manager Ford RMA Group Indonesia Muhammad Irvan Mustafa.

Irvan menjelaskan nanti unit mobil akan didatangkan secara utuh (CBU) dari Thailand.


Everest sendiri bukan barang baru sebetulnya bagi Indonesia. Mobil ini merupakan salah satu produk yang diniagakan Ford sebelum memutuskan hengkang pada 2016.

"Kenapa Everest, Karena gini kami juga lihat ada beberapa unit produk yang memang sudah tidak dipasarkam di Asia. Nah yang kami ambil yang masih di Asia Tenggara juga," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia memastikan kini pihak Ford sudah siap untuk kembali berkompetisi pada pasar Tanah Air. Sejumlah dealer juga dikatakan telah disiapkan.

Ford Motor Indonesia diketahui resmi undur diri dari seluruh kegiatan operasi di Indonesia pada semester kedua 2016. Langkah ini termasuk menutup dealer dan menghentikan penjualan serta impor resmi semua kendaraan Ford.

Keputusan diambil karena Ford tidak bersaing di pasar otomotif nasional. Setelah Ford, merek Amerika Serikat lain di Indonesia yaitu Chevrolet diketahui menyusul keputusan Ford dengan menghentikan penjualan unit mulai Maret 2020.

Sementara RMA Group bukan pemain baru di Tanah Air. Setelah Ford hengkang pada 2016, perusahaan ini yang kemudian mengambilalih bisnis layanan aftersales dan suku cadang merek mobil asal negeri paman sam AS Ford di Indonesia.

Selain Everest, Ford juga akan memasarkan keluarga pikap Ranger termasuk Raptor sebagai varian teratas.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER