Kronologi LBM Eijkman yang Melebur ke BRIN

CNN Indonesia
Minggu, 02 Jan 2022 09:31 WIB
Sebelum bergabung dengan BRIN, Eijkman berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Eijkman resmi melebur ke BRIN. (Foto: Arsip 20Detik)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman resmi melebur Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan nama baru menjadi Pusat Riset Biologi Molekuler (PRBM) Eijkman.

Lembaga ini merupakan lembaga pemerintah yang bergerak di bidang biologi molekuler dan bioteknologi kedokteran. Sebelum bergabung dengan BRIN, Eijkman berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyebut selain Eijkman, terdapat empat entitas lembaga penelitian resmi lainnya yang berintegrasi dengan BRIN. Mereka yakni BATAN, LAPAN, LIPI, dan BPPT.


"Dengan terintegrasinya Kemristek dan empat LPNK ke BRIN, status LBM Eijkman telah kami lembagakan menjadi unit kerja resmi yakni PRBM Eijkman di bawah Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Hayati," kata Laksana dikutip dari situs resmi BRIN, Minggu (2/1).

Kabar peleburan LBM Eijkman ke dalam tubuh BRIN itu juga disampaikan oleh Tim Waspada Covid-19 LBM Eijkman (Wascove) berpamitan tepat di awal 2022. Tim Wascove mengumumkan perpisahan kepada seluruh rakyat Indonesia atas dukungannya dalam menangani pandemi Covid-19.

"Mulai tanggal 1 Januari 2022, kegiatan deteksi Covid-19 di PRBM Eijkman akan diambil alih oleh Kedeputian Infrastruktur Riset dan Inovasi BRIN. Salam sehat. Wascove. Bersama, kita pulih kembali. Kami pamit," ucap tim Wascove dalam akun Twitter Eijkman @eijkman_ins, Sabtu (1/1).

Selama pandemi Covid-19, tim Wascove banyak berperan dalam mendeteksi dan melakukan penelitian virus SARS-CoV-2, termasuk penelitian plasma konvalesen dan pengembangan Vaksin Merah Putih.

Wascove juga telah mendistribusikan lebih dari 155 ribu Viral Transport Medium (VTM) atau salah satu alat penunjang pemeriksaan PCR/antigen. Selain itu, Wascove juga telah memeriksa lebih dari 95 ribu sample Covid-19 dari 351 fasilitas pelayanan kesehatan, hingga melakukan pemeriksaan WGS dan melaporkan langsung ke GISAID.

GISAID merupakan sebuah lembaga bank data yang saat ini menjadi acuan untuk data genom virus corona SARS-CoV-2.

"Tim Wascove ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas dukungan yang diberikan pada kami sampai saat ini," ujar mereka.

LBM Eijkman terintegrasi dalam BRIN sejak September 2021. Perubahan status LBM Eijkman menjadi Pusat Riset Biologi Molekuler (PRBM) Eijkman resmi dilangsungkan pada 28 Desember 2021.

(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER