TIPS TEKNOLOGI

Jangan Panik, Berikut Cara Kembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak

CNN Indonesia
Selasa, 18 Jan 2022 05:51 WIB
Pelaku membajak untuk mengambil kontak yang ada di ponsel korban untuk selanjutnya menjalankan trik penipuan pada rekan korban yang lengah. Ilustrasi pembajakan WhatsApp. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi pesan instan WhatsApp kerap menjadi sasaran pembajakan. Pelaku membajak untuk mengambil kontak yang ada di ponsel korban untuk selanjutnya menjalankan trik penipuan pada rekan korban yang lengah.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi populer yang digunakan untuk berkirim pesan, baik untuk urusan pribadi maupun urusan profesional atau pekerjaan. Meskipun telah dilengkapi dengan sistem keamanan enkripsi end-to-end, WhatsApp juga masih dapat dapat mengalami pembajakan.

Berikut tips cara mengembalikan akun WhatsApp yang dibajak.


Untuk mencegah pembajakan, pengguna sebetulnya bisa menggunakan fitur keamanan verifikasi dua langkah yang tersedia di aplikasi. Namun jika akun WhatsApp pengguna terlanjur dibajak, maka pengguna bisa mengikuti langkah berikut.

1. Lapor ke pusat bantuan WhatsApp

Dilansir dari situs resminya, cara mengembalikan akun WhatsApp yang dibajak bisa dengan mengirimkan email pelaporan ke pihak WhatsApp di [email protected]

Tulis email dengan subject bahwa akun WA Anda diretas, misalnya: "My WhatsApp account got hacked".

Dalam laporan tersebut, jelaskan kronologi pembajakan yang disertai bukti tambahan seperti screenshot akun dan masalah yang dialami.

Lalu masukkan juga nomor telepon yang Anda gunakan untuk akun WhatsApp tersebut dengan diawali kode internasional Indonesia (+62).

Setelah membuat laporan, pihak WhatsApp akan segera mendeaktivasi akun atau menonaktifkan akun sementara. Kemudian tunggu hingga ada pemberitahuan lanjutan untuk bisa kembali mengaktifkan akun WhatsApp Anda.

Baca ke halaman kedua Cara Mengembalikan Akun WhatsApp Dibajak --->>>

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp Dibajak

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER