EDUKASI & FITUR

Alasan Mengapa Kuda Jadi Patokan Tenaga Mesin Kendaraan

CNN Indonesia
Rabu, 05 Jan 2022 13:40 WIB
Kekuatan tenaga mesin kerap diukur dengan istilah tenaga kuda, dari mana asalnya? Ilustrasi. Kekuatan tenaga mesin kerap diukur dengan istilah tenaga kuda, dari mana asalnya? (Foto: AP/Ted S. Warren)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada tolak ukur yang sering digunakan produsen otomotif dalam memasarkan produk terutama mengenai kemampuan dapur pacu yaitu soal berapa besar tenaga mesin pada kendaraan.

Acuan tersebut adalah horse power (HP) atau yang jika diartikan tenaga kuda. Lantas kenapa istilah tenaga kuda digunakan pada mesin kendaraan?

Istilah ini pertama kali diciptakan pada akhir 1700an oleh James Watt, seorang insinyur Skotlandia yang dikenang karena mesin uapnya ikonis dan sangat efisien, menurut Live Science.


Ia kemudian mencari cara mengiklankan mesin uap tersebut dan menemukan sebuah unit pengukuran yang secara efektif akan menunjukkan keunggulan produk ciptaannya tersebut. Saat itu ia ingin membandingkan dengan sesuatu yang lebih dikenal orang, yaitu kuda.

Watt menyimpulkan pengamatan pribadi dan studi ilmiah yang ketat, bila seekor kuda dapat memutar roda penggilingan 144 kali setiap jam.

Radius dari roda yang berputar adalah 12 kaki, sehingga kuda bergerak sejauh 2,4 x 2pi x 12 kaki dalam satu menit.

Watt yakin seekor kuda mampu menarik dengan gaya 180 pound, sehingga: Daya = Usaha/Waktu = (Gaya X Jarak) / Waktu = (140 lbf)(2,4 X 2 X12 ft) / 1 min = 32,572 ft. Lbf/menit, dibulatkan nilainya menjadi 33.000 kaki pound per menit, menurut situs SDA PUPR.

Watt melalui eksperimennya pada kuda yang bekerja ditempat pembuatan bir, menemukan bahwa kuda mampu menghasilkan 32.400 kaki pound per menit.

Watt kala itu tidak terlalu peduli dengan keakuratan pengukuran, hanya saja ia menyoroti peningkatan produktivitas drastis yang akan dialami pembeli jika mereka membeli salah satu mesin uap miliknya.

Mesin uap Watt memang jauh lebih kuat dan andal daripada kuda, sehingga akibatnya, sangat sedikit orang yang mempertanyakan atau peduli kebenaran perhitungannya.

Selain itu Watt juga dikenal sebagai seorang jenius teknik, dan sangat dihormati oleh rekan-rekannya sehingga sebagai pengakuan atas perbuatan dan upaya perintisnya, satuan daya "watt" akhirnya dinamai menurut namanya pada 1882. Saat ini watt juga dikenal sebagai satuan daya.

Mengutip situs Toyota, daya kuda atau tenaga pada mesin kendaraan adalah nilai yang menunjukkan saat sebuah gaya dilakukan.

Torsi yang dikalikan dengan putaran mesin akan menghasilkan tenaga. Semakin cepat putaran mesin, maka tenaga yang dihasilkan juga semakin besar.

Sederhananya, semakin cepat poros engkol berputar dengan gaya yang sama, semakin besar gaya yang akan dihasilkan oleh mesin.

Sebuah mobil dengan tenaga lebih besar daripada torsi akan selalu melaju lebih cepat karena ini memberi mobil akselerasi dan kecepatan.

(ryh/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER