Mobil BMW Bisa Berubah Warna, Cara Baru Kelabui Polisi

CNN Indonesia
Rabu, 05 Jan 2022 19:30 WIB
Mobil BMW sedang melaju mundur dengan kecepatan pelan, dan tiba-tiba warna ekstriornya berubah. BMW iX bisa berubah warna eksterior. (Foto: REUTERS/MICHAELA REHLE)
Jakarta, CNN Indonesia --

BMW berpartisipasi dengan memamerkan satu teknologi unik yang tersimpan pada mobil listrik iX di pameran teknologi CES 2022. Pabrikan menampilkan sebuah mobil penumpang yang bodinya bisa berubah warna otomatis.

Teknologi ini merupakan hal baru di industri otomotif dan bagi perusahaan sebuah inovasi yang akan menjadi jamak di masa akan datang mengutip Auto Hindustan Times.

"Sebuah teknologi yang mengubah warna eksterior kendaraan dengan satu sentuhan tombol," menurut BMW mengutip laporan Carscoops, pada Rabu (5/1).


Sejauh ini BMW belum mengumumkan mengenai detail teknologi ubahan cat eksteriornya itu. Namun teknologi pada mobil BMW itu telah terungkap melalui unggahan sejumlah akun media sosial Twitter.

Pada video itu terlihat bila Sport Utility Vehicle (SUV) BMW sedang melaju mundur dengan kecepatan pelan dan tiba-tiba berubah warna. Bodi mobil itu semula memiliki cat bewarna putih, kemudian berubah warna abu-abuan gelap. Tidak lagi tampak warna putih sebagai dasar eksterior.

Dalam transisi dari putih ke warna abu-abu, terlihat sangat cepat. Buat sebagian orang mungkin video itu palsu atau pakai menggunakan efek. Ada dugaan pengendara menekan tombol di interior untuk mengubah warna cat pada bodinya.

Buat pengemudi nakal, mobil-mobil berteknologi tersebut bisa disalahgunakan. Bisa saja untuk mengelabui polisi saat terlibat kejar-kejaran.

Sejauh ini tidak jelas apakah BMW punya niat memproduksi mobil bunglon itu.

Tapi pihak yang mengunggah video ini ke Twitter mengklaim bahwa catnya sangat sensitif terhadap suhu dan BMW telah membawa kendaraan cadangan jika fitur iX "kepanasan" atau "kedinginan".

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER