TIPS OTOMOTIF

Ragam Manfaat Sarung Tangan Saat Berkendara Motor

CNN Indonesia
Jumat, 07 Jan 2022 05:00 WIB
Memakai sarung tangan saat berkendara motor nyatanya punya sejumlah manfaat, tak cuma melindungi saja. Ilustrasi. Memakai sarung tangan saat berkendara motor nyatanya punya sejumlah manfaat, tak cuma melindungi saja. (Foto: iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Untuk alasan kenyamanan, banyak bikers atau pengendara motor ogah menggunakan sarung tangan saat berkendara.

Padahal, aksesori satu ini punya manfaat dan fungsi penting ketika berkendara terutama dari sisi keselamatan.

Berikut akan kami bahas mengenai manfaat dan fungsi sarung tangan bagi pengendara motor, mengutip situs resmi Suzuki Indonesia.


Perlindungan

Sarung tangan dapat melindungi tangan Anda dari cuaca panas maupun dingin. Ketika tidak menggunakan sarung tangan, maka tangan akan terpapar panas atau dingin secara langsung sehingga hal ini dapat mengalihkan konsentrasi ketika berkendara.

Selain itu, sarung tangan juga dapat melindungi pengendara dari benturan atau gesekan yang mungkin terjadi sepanjang perjalanan.

Gesekan yang terjadi antara stang motor dan kulit akan mengakibatkan lecet terutama saat berkeringat. Oleh sebab itu, penting memakai sarung tangan guna mencegah kejadian tersebut.

Berkendara dengan menggunakan sarung tangan juga dapat melindungi tangan Anda dari gesekan lain sehingga perjalanan yang dilakukan tetap aman dan nyaman.

Cengkeraman

Tidak hanya bermanfaat sebagai perlindungan saja, namun manfaat sarung tangan lainnya yaitu sebagai pendukung cengkeraman.

Beberapa sarung tangan yang sudah dilengkapi dengan karet akan membantu pengendara untuk lebih mudah dalam mencengkeram batang kemudi.

Meskipun cuaca sedang panas, basah, maupun lembab sarung tangan dapat membantu Anda untuk mencengkeram dengan baik.

Semakin baik cengkeraman ketika berkendara, maka 'tarikan' motor akan lebih empuk sehingga semakin baik pula kontrol sepeda motor Anda.

Simak manfaat pakai sarung tangan lainnya di halaman 2..

Ragam Manfaat Sarung Tangan Saat Berkendara Motor (Bagian 2)

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER