NASA Punya Misi Tabrak Asteroid Serupa di Film Don't Look Up

lnn | CNN Indonesia
Jumat, 07 Jan 2022 13:15 WIB
NASA tengah menyiapkan misi skenario 'berjibaku' selamatkan bumi dari hantaman asteroid, seperti di film Don't Look Up. NASA tengah menyiapkan misi skenario 'berjibaku' selamatkan bumi dari hantaman asteroid, seperti di film Don't Look Up. (Foto: NIKO TAVERNISE/NETFLIX/nikotavernise.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyiapkan skenario untuk mengadang objek luar angkasa termasuk asteroid dan meteor yang datang menuju Bumi.

Skenario serupa seperti yang diceritakan film Don't Look Up, yang dibintangi Leonardo DiCaprio dan Jennifer Lawrence.

Don't Look Up menjadi salah satu film populer di platform video Netflix. Film ini bahkan mencatat rekor jam penayangan terlama dalam rentang seminggu pada pekan lalu, dengan capaian 152,59 juta jam penayangan.


Film tersebut menceritakan tentang dua orang astronom yang berhasil menemukan sebuah komet berukuran besar yang sedang bergerak menuju Bumi dengan potensi daya hancur yang bisa memusnahkan kehidupan di Bumi.

Kemudian kedua astronom ini bersama pemerintah berupaya untuk menghentikan komet. Salah satu cara yang dilakukan adalah mengirimkan roket untuk meledakkan komet tersebut.

NASA sendiri tengah menguji metode serupa yang bernama misi Double Asteroid Redirection Test (DART).

Pejabat NASA menyebut DART dimaksudkan untuk mencegah tabrakan antara Bumi dengan benda angkasa luar seperti asteroid yang dapat mengancam kelangsungan hidup di Bumi.

Misi tersebut dilaksanakan menggunakan roket SpaceX Falcon 9 dari Vandenberg Space Force Base di California.

Direktur Ilmu Planet NASA, Lori Glaze menyebut misi ini akan menjadi percobaan pertama sebuah pesawat ruang angkasa mencoba menabrak asteroid untuk menunjukkan bagaimana benda luar angkasa seperti itu dapat dibelokkan jika menuju ke Bumi.

"Saya merasa bahwa setelah kami menyelesaikan tes ini, kami akan belajar jumlah yang luar biasa dan jauh lebih siap di masa depan jika memang asteroid potensial dapat menimbulkan ancaman buat Bumi," kata Glaze dilansir UPI.


Lanjut ke halaman berikutnya..

DART, Misi Berjibaku Tabrak Asteroid

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER