TIPS OTOMOTIF

Alasan Ban Baru Terasa Licin Saat Dipakai

CNN Indonesia
Minggu, 09 Jan 2022 15:57 WIB
Pengendara sepeda motor tidak perlu khawatir tergelincir ketika baru mengganti ban. Perhatikan cara mengantisipasinya. Ilustrasi. Pengendara sepeda motor tidak perlu khawatir tergelincir ketika baru mengganti ban. Perhatikan cara mengantisipasinya. (iStockphoto/aon168)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pengguna sepeda motor mengeluh ban motornya dalam keadaan baru terasa licin. Ban baru terasa licin bukan merupakan suatu kondisi ada "masalah" dan bukan buruknya kualitas ban baru tersebut.

Untuk dipahami, ban baru terasa agak licin ketika digunakan adalah karena masih ada lapisan lilin pada ban

Permukaan ban baru biasanya masih dilapisi silikon maupun lilin. Lapisan ini berguna untuk menjaga ban ketika masih dalam masa penyimpanan dengan masa kedaluwarsa lima tahun.


Lihat Juga :

Lapisan ini bisa kita amati saat melihat ban dipajang di toko. Ada bercak putih pada alur ban. Lapisan ini sebetulnya muncul setelah ban melalui tahap curing atau istilah awamnya, 'dimasak'.

Proses ini dilakukan dengan mencampur bahan-bahan produksi ban seperti karet, polimer karbon, serta sulfur, yang kemudian menghasilkan lapisan kompon pada ban.

Keberadaan lapisan lilin ini berdampak juga pada daya cengkeram ban berkurang. Oleh karena itu, kita harus hati-hati dan tidak segera ngebut guna menghindari potensi tergelincir atau selip saat menikung.

Cara menghilangkan lilin pada ban baru

Disarankan untuk mencuci ban dan menggosok seluruh permukaannya. Setelah itu mengendarai motor setidaknya sejauh 100 kilometer untuk menghabiskan sisa lilin. 

Antisipasi dengan menjaga kecepatan berkendara, hindari menikung dengan kecepatan tinggi mengutip situs resmi Wahana Honda.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER