Cara Transaksi Jalan Tol Tanpa Sentuh yang Berlaku Tahun Ini

CNN Indonesia
Senin, 10 Jan 2022 08:06 WIB
Jalan tol tanpa sentuh dengan sistem multi lane free flow (MLFF) diterapkan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan antrean di gerbang tol. Pengendara menempelkan kartu tol di Gerbang tol Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin, 5 Maret 2018. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah berencana menerapkan cara baru yang memungkinkan pengguna bisa membayar jalan tol tanpa sentuh untuk mengganti proses tap yang biasa dilakukan pada saat ini.

Cara pembayaran tol tanpa sentuh yang disebut dengan sistem multi lane free flow (MLFF) ini diterapkan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan antrean di gerbang tol.

Sistem pembayaran terbaru ini memungkinkan pengguna jalan tol melakukan pembayaran dalam waktu sangat singkat. Pengemudi bahkan tidak perlu menghentikan kendaraannya kala melakukan pembayaran seperti yang saat ini diberlakukan.


Ada tiga cara yang dapat dipilih pengguna dalam sistem pembayaran tanpa sentuh ini.

Pertama, Electronic on board unit atau E-OBU berupa aplikasi pada ponsel yang bekerja terintegrasi ke sistem pembayaran melalui basis GPS.

Cara ini sangat direkomendasikan bagi pengguna jalan yang memiliki ponsel pintar dan jarang berganti kendaraan.

Untuk menggunakan cara ini, pengguna terlebih dulu harus mendaftarkan data kendaraan dan data pribadi terlebih dahulu ke sistem. Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi MLFF yang sebelumnya diunduh pada ponsel.

Pengguna dapat memilih sejumlah metode pembayaran yang tersedia setelah melakukan registrasi. Kemudian setelah registrasi selesai, pengguna dapat langsung menggunakan E-OBU dengan menekan tombol mulai.

E-OBU bekerja dengan mengirim sinyal GPS ke MLFF pusat. GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan, serta memotong saldo secara otomatis.

Cara kedua adalah menggunakan On board unit atau OBU yang direkomendasikan untuk pengguna dengan kendaraan yang sering berganti pengemudi.

Metode ini dilakukan dengan membeli perangkat OBU serta mendaftarkan kendaraan ke dalam sistem. OBU bekerja dengan cara yang kurang lebih sama dengan E-OBU, yakni dengan mencatat penggunaan jalan tol berdasarkan GPS.

Perbedaan pada dua metode ini ada pada perangkat yang digunakan, OBU menggunakan perangkat yang ditempel di kendaraan, sedangkan E-OBU berupa perangkat lunak pada ponsel.

Cara ketiga dan terakhir pada sistem MLFF adalah dengan electronic route ticket. Metode ini direkomendasikan untuk pengguna jalan yang jarang bepergian menggunakan tol.

Tiket elektronik dapat dibeli pengguna di situs resmi atau aplikasi MLFF sebelum bepergian dengan memilih titik masuk dan titik keluar tol.

Untuk memastikan tidak ada pengguna jalan yang menerobos tanpa membayar, sejumlah langkah pengendalian diberlakukan.

Pertama, ada gantry atau sebuah portal berkaki tegak yang dilengkapi kamera serta perangkat lunak untuk mengenali kendaraan yang melintas.

Perangkat tersebut akan mengirim data kendaraan ke sistem MLFF pusat, lalu mengidentifikasi setiap kendaraan yang sudah terdaftar. Sehingga setiap kendaraan yang melintas tanpa membayar akan dicatat oleh sistem MLFF.

Selain itu, sistem MLFF juga akan diintegrasikan dengan kendaraan pemantau yang ditempatkan secara acak di tol. Dan jika terjadi pelanggaran, sistem pusat MLFF akan mengirim informasi pelanggar dan mengenakan biaya tambahan.

(lom/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER