EDUKASI & FITUR

Lokasi Tak Aman Pejalan Kaki Menyeberang, Bisa Bikin Kaget Pengemudi

CNN Indonesia
Senin, 10 Jan 2022 16:48 WIB
Lokasi pejalan kaki menyeberang yang tidak disarankan adalah di tanjakan atau turunan, di antara dua kendaraan parkir, dan di tikungan. Pejalan kaki seharusnya menyeberang di tempat yang sudah disediakan, jika tersedia hindari area yang tidak terlihat sopir kendaraan melintas. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Cara pejalan kaki menyeberang di jalan raya tidak cukup hanya tengok kanan dan kiri untuk memastikan tak ada kendaraan yang akan menabrak. menyeberang juga butuh tempat aman dan tidak dilakukan di lokasi berbahaya seperti dijelaskan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menyeberang jalan sebenarnya sudah diajarkan sejak dini di bangku sekolah, namun perlu disadari hal ini tidak sepenuhnya mudah. Ada beberapa faktor yang membuat penyeberang jalan harus berhati-hati saat melintas di badan jalan, mulai dari perilaku kendaraan bermotor hingga kontur jalan.

Tempat paling aman menyeberang adalah di fasilitas penyeberangan seperti jembatan penyeberangan, zebra cross, dan rambu lalu lintas untuk memperlambat kendaraan yang melintas. Meski demikian tidak semua area memiliki fasilitas ini.


Hal yang perlu dipahami jangan sampai pejalan kaki salah mengambil pilihan menyeberang karena nyawa menjadi taruhannya.

Berikut lokasi tidak seharusnya menyeberang:

Jangan menyeberang di tanjakan atau turunan

Mengingat kontur jalan di Indonesia banyak yang berbukit, pejalan kaki disarankan tidak menyeberang di area tanjakan dan turunan.

Kendaraan yang tengah melaju di tanjakan atau turunan biasanya lebih cepat dari normal, respons sopir bisa jadi lebih lambat buat menghindari bahaya pejalan kaki menyeberang.

Dengan demikian jika Anda mengetahui perlintasan yang hendak diseberangi merupakan turunan atau tanjakan, disarankan mencari jalan yang landai agar tak membahayakan keselamatan.

Jangan menyeberang di antara dua kendaraan parkir

Jika Anda memutuskan mulai menyeberang di antara dua kendaraan yang parkir sejajar, ada kemungkinan posisi Anda tidak terlihat oleh sopir kendaraan yang melintas karena terhalang kendaraan parkir.

Bila seperti itu Anda juga berpotensi bikin kaget sopir yang melintas lalu memicu respons yang salah kemudian menyulut kecelakaan.

Jangan menyeberang di tikungan

Menyeberang di tikungan dianggap sangat berbahaya karena merupakan blind spot atau titik buta yang tidak terlihat pengemudi kendaraan yang melintas. Semakin tajam tikungannya maka semakin besar pula area titik buta tersebut.

Ini juga semakin berbahaya apabila tikungan tidak dilengkapi convex mirror atau kaca cembung. Risiko penyeberang tertabrak di tempat seperti ini sangat besar maka disarankan tak menyeberang di wilayah tersebut.

Itulah beberapa cara aman menyeberang di jalan yang harus diperhatikan. Jika poin-poin tersebut dihindari, maka risiko tertabrak dan ancaman nyawa melayang setidaknya bisa sedikit terhindarkan.

[Gambas:Instagram]

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER