Cara Mengetahui Fenomena Antariksa Berdasarkan Tanggal Lahir Kita

M. Ikhsan | CNN Indonesia
Selasa, 11 Jan 2022 05:50 WIB
Layanan yang dapat diakses dari situs resmi NASA ini dalam rangka merayakan 30 tahun beroperasinya teleskop antariksa Hubble. Ilustrasi fenomena antariksa. Layanan yang dapat diakses dari situs resmi NASA ini dalam rangka merayakan 30 tahun beroperasinya teleskop antariksa Hubble. (Foto: dok. NASA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memberikan layanan yang dapat memberikan informasi fenomena antariksa berdasarkan dengan tanggal lahir kita.

Layanan yang dapat diakses dari situs resmi NASA ini dalam rangka merayakan 30 tahun beroperasinya teleskop antariksa Hubble.

Dalam situs resminya, NASA menyatakan teleskop Hubble menjelajahi alam semesta selama setiap hari tanpa henti. NASA mengatakan hal itu membuat teleskop Hubble mengamati beberapa keajaiban kosmik yang menarik setiap hari sepanjang tahun, termasuk pada hari ulang tahun pengunjung situs.


Untuk mengakses layanan tersebut pengguna dapat mengunjungi laman https://www.nasa.gov/content/goddard/what-did-hubble-see-on-your-birthday.

Setelah masuk ke laman tersebut pengguna hanya perlu memasukkan bulan dan tanggal lahir pada kolom yang tersedia, dan lalu klik submit.

Setelah melakukan submit, pengunjung situs akan melihat fenomena alam yang terjadi pada tanggal tersebut. Pengunjung juga dapat melihat informasi lebih banyak tentang fenomean tersebut.

Selain itu pengunjung situs juga dapat gambar fenomena alam secara penuh dengan meng-klik pada bagian 'see full image.'

Baru-baru ini NASA telah meluncurkan teleskop antariksa James Webb sebagai pengganti teleskop Hubble yang dinilai sudah "tua". James Webb disebut memiliki kemampuan jauh lebih baik di atas teleskop Hubble.

Dengan kehadiran teleskop Webb, fenomena alam yang disediakan pada laman tersebut mungkin akan semakin beragam karena teleskop Webb mampu menjangkau semesta yang lebih jauh dan lebih luas. Bahkan teleskop ini disebut dapat mengintip jauh ke galaksi kuno yang berumur hanya beberapa ratus juta tahun dari peristiwa Bigbang.

Meski teleskop Hubble digantikan oleh Webb, layanan yang menampilkan tangkapan teleskop Hubble masih dapat dinikmati oleh pengunjung situs tersebut.

Kemudian setelah berselang satu tahun dari perayaan 30 tahun teleskop Hubble, layanan pada situs ini masih dapat dinikmati oleh semua pengunjung situs.

Namun khusus untuk pengguna peramban Firefox, NASA meminta untuk mematikan pemblokiran konten bagi situsnya di bagian pengaturan privasi browser agar bisa dengan mudah membagikan gambar di media sosial.

(lnn/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER