Peneror dari Laut 180 Juta Tahun Lalu Tersingkap

M. Ikhsan | CNN Indonesia
Senin, 10 Jan 2022 19:57 WIB
Fosil hewan laut ichthyosaurus besar terlengkap di Inggris ditemukan di cagar alam Rutland Water. Ilustrasi hewan ichthyosaurus. (Foto: AFP/MENAHEM KAHANA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekelompok peneliti di Inggris mengklaim telah menemukan fosil hewan laut berukuran raksasa yang hidup sekitar 180 juta tahun lalu. Fosil hewan ichthyosaurus yang dijuluki sebagai "peneror" kehidupan laut itu memiliki panjang 10 meter.

Fosil ichthyosaurus ditemukan di samping reservoir terbesar di Inggris, tepatnya di cagar alam Rutland Water.

Penemuan ini merupakan penemuan ichthyosaurus besar terlengkap di Inggris, dengan tengkorak seukuran piano yang memiliki berat satu ton.


Joe Davis, pemimpin tim konservasi untuk Leicestershire dan Rutland Wildlife Trust mengatakan penemuan terjadi pada Februari 2021.

"Sangat menyenangkan untuk belajar banyak dari penemuan ini dan berpikir bahwa makhluk menakjubkan ini pernah berenang di laut di atas kita," kata Davis, seperti dikutip dari The Guardian.

Ichthyosaurus merupakan spesies reptil laut yang hidup secara berkelompok atau berkoloni yang pertama kali muncul sekitar 250 juta tahun lalu dan punah pada periode 90 juta tahun lalu.

Mereka memiliki bentuk menyerupai lumba-lumba dalam bentuk tubuh dan rahang, serta bervariasi dalam ukuran mulai dari satu meter hingga lebih dari 25 meter.

Ichthyosaurus pertama kali digunakan oleh Charles Konig pada 1818. Ichthyosaurus dalam bahasa Yunani adalah kadal "ikan".

Spesies Ichthyosaur bervariasi Temnodontosaurus trigonodon yang ditemukan di Inggris beberapa bulan usai penemuan ichthyosaurus besar terlengkap. Pencarian ini dipimpin oleh pakar ichthyosaurus global Dean Lomax dan ahli konservator paleontologi Nigel Larkin.

"Inggris adalah tempat kelahiran ichthyosaurus, fosil mereka telah ditemukan di sini selama lebih dari 200 tahun, dengan penelitian ilmiah pertama berasal dari Mary Anning dan penemuannya di sepanjang Pantai Jurassic," ucap Lomax.

"Meskipun banyak fosil ichthyosaurus ditemukan di Inggris, ini sangat luar biasa untuk menemukan ichthyosaurus Rutland yang merupakan kerangka terbesar yang pernah ditemukan di Inggris," tambahnya.

[Gambas:Instagram]

Mark Evans dari British Antarctic Survey dari University of Leicester mengatakan bahwa penemuan ini "luar biasa" dan penting bagi kehidupan manusia dalam sejarah paleontologi.

"Saya telah mempelajari fosil reptil Jurassic di Rutland dan Leicestershire selama lebih dari 20 tahun," kata Evans, mengutip Leicester Mercury.

"Ketika saya pertama kali melihat paparan awal spesimen dengan Joe Davis, saya dapat mengatakan bahwa itu adalah ichthyosaurus terbesar yang diketahui," tutup Evans.

(lnn/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER