Rumus Gaya dalam Fisika, Teori, dan Contoh Soal

CNN Indonesia
Rabu, 19 Jan 2022 10:49 WIB
Gaya adalah satu rumus yang muncul pada pelajaran Fisika. Berikut rumus gaya lengkap dengan pengertian, jenis, sekaligus contoh soal dan penyelesaiannya. Gaya adalah satu rumus yang muncul pada pelajaran Fisika. Berikut rumus gaya lengkap dengan pengertian, jenis, sekaligus contoh soal dan penyelesaiannya. (Foto: iStockphoto/syahrir maulana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gaya merupakan salah satu materi dalam pelajaran Fisika yang tak lepas dari teori hukum Newton. Berikut rumus gaya lengkap dengan pengertian, jenis, dan contoh soalnya.

Sebelum mempelajari lebih lanjut soal rumus gaya, ada baiknya jika mengetahui seluk beluk tentang gaya itu sendiri.


Pengertian Gaya

Gaya bisa diartikan sebuah interaksi dalam bentuk apa pun yang bisa membuat sebuah benda yang terkena gaya mengalami perubahan arah maupun perubahan fisik.


Gaya akan membuat sebuah benda bergerak, berubah arahnya, bahkan berubah bentuknya. Gaya sendiri memiliki satuan Newton (N). Newton sendiri diambil dari seorang fisikawan terkenal, Sir Isaac Newton.

Dilansir dari sItus UGM, berikut ini rumus gaya, jenis gaya, dan contoh soal dari rumus gaya.


Rumus Gaya

ilustrasi rumus gaya newtonRumus gaya berdasarkan Hukum Newton I, II, dan III (Ilustrasi Foto: iStockphoto/ttsz)

Rumus gaya sendiri tak bisa lepas dari Hukum Newton I, II, dan III. Semuanya memiliki keterkaitan satu dengan yang lain dan harus dipahami. Berikut 3 bunyi hukum Newton beserta rumus gaya:

Hukum Newton I

Hukum Newton I berbunyi, jika gaya (F) yang bekerja pada benda sama dengan nol (0) maka benda yang awalnya diam akan tetap diam.

Jika benda yang awalnya bergerak lurus dengan beraturan, maka benda tersebut akan tetap bergerak lurus dengan beraturan pula. Dengan demikian, bisa disimpulkan jika rumus dari Hukum Newton I adalah F = 0


Hukum Newton II

Hukum Newton II berbunyi, jika perubahan dari kecepatan atau yang lebih dikenal dengan percepatan (a) dari suatu benda, akan sebanding dengan jumlah (resultan) gaya yang bekerja pada benda itu dan berbanding terbalik dengan masa (m) benda tersebut.

Rumus Hukum Newton II adalah F = m.a dengan satuan gaya kg m/s.


Hukum Newton III

Hukum Newton III berbunyi, pada setiap aksi akan menimbulkan reaksi. Jika suatu benda memberikan gaya pada benda yang lain, maka benda yang terkena gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang diterima oleh benda pertama dengan arah yang berlawanan.

Rumus Hukum Newton III adalah F aksi = - F reaksi.

Jenis-Jenis Gaya

Jenis gaya tak sebatas gaya tarik dan gaya dorong saja. Masih terdapat beberapa lagi contoh gaya yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

  • Gaya Gesek: Gaya gesek timbul karena terjadinya sentuhan dari benda satu dengan benda yang lainnya. Gaya gesek bisa menguntungkan dan merugikan. Gaya gesek yang menguntungkan contohnya terjadi pada saat proses pengereman kendaraan terjadi. Gaya gesek yang merugikan terjadi pada komponen mesin kendaraan yang mengakibatkan aus.
  • Gaya Listrik: Gaya listrik terjadi pada sebuah benda yang teraliri oleh listrik yang mengakibatkan benda tersebut bermuatan listrik. Contohnya pada lampu yang menyala saat dialiri listrik.
  • Gaya Otot: Gaya otot terjadi pada semua organisme yang memiliki jaringan otot. Contohnya pada pencernaan makanan.
  • Gaya Gravitasi: Gaya gravitasi adalah gaya yang dihasilkan oleh bumi yang mengakibatkan semua benda yang mempunyai massa akan tertarik. Contohnya pada buah durian yang jatuh dari pohon.

Contoh Soal dan Penyelesaiannya

ilustrasi rumus gaya newtonContoh soal dengan menggunakan rumus gaya Newton beserta penyelesaiannya (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Moussa81)

1) Diketahui gaya yang bekerja pada benda sebesar 25 N dan massa benda tersebut adalah 5 kg. Berapa percepatan gerak yang terjadi pada benda tersebut?

Diketahui:
F = 25 N
m = 5 kg

Ditanyakan:
a = ?

Jawab:
Rumus gaya F = m.a maka a = F/m
a = 25/5
a = 5 m/s2

Jadi percepatan gerak yang terjadi pada benda adalah 5 m/s2.


2) Sebuah resultan gaya sebesar 35 N bekerja pada sebuah benda bermassa 5 kg. Berapa percepatan yang dialami benda?

Diketahui:
ΣF = 35 N
m = 5 kg

Ditanyakan:
a....?

Jawab:
a = ΣF/m
a = 35/5
a = 7 m/s2

Jadi, percepatan yang dialami benda adalah 7 m/s2.


3) Terdapat dua buah gaya segaris satu mengarah ke kiri dan ke kanan. Masing-masing memiliki gaya sebesar 8 N. Berapa resultan kedua gaya tersebut?

ΣF = F2 - F1
= 8 N - 8 N
= 0 N.

Itulah rumus gaya lengkap dengan pengertian, jenis, dan contoh soalnya.

(ahd)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER