Ahli Bongkar Awal Mula Tagar #HarunaOut Menggema di Medsos

CNN Indonesia
Selasa, 18 Jan 2022 17:26 WIB
Tagar #HarunaOut mencuat usai anggota Komite Eksekutif PSSI, Haruna Soemitro memberikan pendapatnya tentang pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong. Anggota Komite Eksekutif PSSI, Haruna Soemitro dan pelatih timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae Yong. (Foto: Arsip PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendiri Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi membeberkan awal mula tagar #HarunaOut hingga menggema di media sosial.

Tagar #HarunaOut menggema di media sosial Twitter sejak Senin (17/1), dan bertahan hingga Selasa (18/1) siang.

Tagar tersebut mencuat setelah anggota Komite Eksekutif PSSI, Haruna Soemitro memberikan pendapatnya tentang pelatih timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae Yong.


Ismail menghimpun cuitan para netizen yang mengandung tagar #HarunaOut, dan kemudian membeberkan beberapa hal.

Menurut data yang dihimpun Ismail terdapat lima influenser utama yang mempopulerkan tagar tersebut, yakni @medioclubID (18.525 engagements), @SiaranBolaLive (4.068 engagements), @Okirenggaa (3.679 engagements), @mazzini_gsp (2.749 engagements), dan @idextratime (2.718 engagements).

Selain lima influencer tersebut, tagar #HarunaOut juga diramaikan lebih dari 100 influencer lain.

Kemudian menurut Ismail, cuitan dengan tagar tersebut pertama jaku muncul pada Minggu (16/1) malam.

"Menurut data DE, tagar ini pertama kali dibuat oleh @Robbi_07 lalu @nndawrdna tanggal 16 Jan 2022 jam 8-9 malam, @habilhudioro jam 23:51. Menjadi makin viral setelah diangkat @MafiaWasit tgl 17 Jan, jam 00:19, dan @medioclubID jam 00:40," jelas Ismail dalam cuitannya, Selasa (18/1).

Lebih lanjut, data yang dihimpun Ismail juga membeberkan jenis emosi dalam masing-masing cuitan. Cuitan-cuitan tersebut didominasi oleh cuitan bernada marah, yang disusul oleh emosi terkejut dan takut.

Cuitan marah sendiri mencapai lebih dari 1.500 cuitan, sedangkan cuitan bernada terkejut mencapai 712 cuitan, dan emosi takut mencapai 348 cuitan.

Beberapa cuitan bernada kemarahan yang disorot Ismail adalah cuitan dari @medioclubID dan @chrull yang mengecam pernyataan dari Haruna.

Tagar #HarunaOut tak hanya ramai di Indonesia, melainkan di sejumlah negara lain, seperti Inggris, Spanyol, Jepang dan Amerika Serikat. Inggris menjadi negara teratas setelah Indonesia yang netizennya gencar menyerukan cuitan dengan tagar tersebut.

(lom/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER