2 Cara Pulihkan Akun WhatsApp yang Dibajak

CNN Indonesia
Rabu, 19 Jan 2022 09:20 WIB
Ada dua cara memulihkan akun Whatsapp yang sudah dibajak, yaitu melapor ke pihak Whatsapp atau menginstall ulang. Ada dua cara memulihkan akun Whatsapp yang sudah dibajak, yaitu melapor ke pihak Whatsapp atau menginstall ulang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengguna layanan perpesanan WhatsApp kerap menjadi sasaran pembajakan yang biasanya digunakan untuk menjalankan trik penipuan. Pengguna yang mengalami hal ini bisa melakukan cara untuk memulihkan akun Whatsapp yang sudah dibajak.

WhatsApp sebenarnya telah dilengkapi sistem keamanan enkripsi end-to-end, meski demikian WhatsApp juga masih dapat dapat mengalami pembajakan.

Peluang pembajakan pada akun WhatsApp terbilang besar mengingat aplikasi ini merupakan salah satu terpopuler digunakan untuk berkirim pesan, baik urusan pribadi maupun profesional atau pekerjaan.


Modus pembajakan sederhana, kebanyakan pengguna terkecoh pesan kode OTP yang dikirim ke ponsel masing-masing. Kode itu sangat berharga untuk akun, jadi disarankan tidak memberikan kode OTP kepada orang lain untuk alasan apapun.

Sebagai upaya keamanan akun, pengguna sebetulnya bisa menggunakan fitur keamanan verifikasi dua langkah yang tersedia di aplikasi.

Tetapi jika akun WhatsApp pengguna terlanjur dibajak, maka pengguna bisa mengikuti langkah berikut.

Kirim laporan agar akun dinonaktifkan

Cara mengembalikan akun WhatsApp yang dibajak bisa dengan mengirimkan email pelaporan ke pihak WhatsApp di [email protected]

Lewat email tersebut Anda bisa melaporkan dengan subject bahwa akun WA Anda diretas, misalnya: "My WhatsApp account got hacked".

Kemudian di laporan tersebut, Anda jelaskan kronologi pembajakan disertai bukti tambahan seperti screenshot akun dan masalah yang dialami.

Kemudian sertakan juga juga nomor ponsel yang Anda gunakan untuk akun WhatsApp tersebut dengan diawali kode internasional Indonesia (+62).

Setelah membuat laporan, pihak WhatsApp akan segera mendeaktivasi akun atau menonaktifkan akun sementara. Kemudian tunggu hingga ada pemberitahuan lanjutan untuk bisa kembali mengaktifkan akun WhatsApp Anda.

Install ulang Whatsapp

Cara kembalikan akun WhatsApp yang dibajak berikutnya adalah dengan melakukan install ulang aplikasi WhatsApp. Ini menjadi cara terakhir jika tak mendapatkan solusi dari langkah di atas.

Berikut cara mengembalikan akun WhatsApp yang dibajak dengan metode install ulang:

1. Uninstall atau hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel

2. Install kembali aplikasi

3. Log in dengan memasukkan nomor telepon seperti biasa

4. Masukkan kode OTP yang masuk ke nomor ponsel Anda

5. Anda berhasil masuk kembali ke akun WhatsApp

Apabila peretas mengaktifkan verifikasi dua langkah setelah mendapatkan akses ke akun WhatsApp Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan kode itu.

Dalam hal ini, pengguna harus menunggu selama tujuh hari untuk memulihkan akun Anda. Dan saat Anda menunggu pemulihan akun, peretas tidak dapat lagi mengakses akun Anda.

Kemudian setelah Anda berhasil masuk ke akun WhatsApp, akun di tangan peretas akan secara otomatis keluar (log out) dan akun WhatsApp akan kembali pulih.

Itulah cara kembalikan atau memulihkan akun WhatsApp jika dibajak oleh pihak tak bertanggungjawab. Disarankan untuk lebih hati-hati dalam menggunakan WhatsApp agar terhindar dari pembajakan.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER