Nusantara Trending Topic di RI, Muncul Dukungan hingga Candaan Netizen

CNN Indonesia
Rabu, 19 Jan 2022 14:55 WIB
Menurut pantauan CNNIndonesia.com pada Rabu (19/1) pukul 14.16 WIB, cuitan dengan kata kunci Nusantara telah mencapai 47 ribu lebih. Rencana pembangunan Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nusantara yang menjadi nama ibu kota negara (IKN) baru ramai diperbincangkan netizen di jagat maya, mulai dari dukungan hingga kelakar. Nama Nusantara pun menjadi trending topic di Indonesia.

Nusantara menjadi nama ibu kota negara yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dipilih Presiden Joko Wdodo (Jokowi) di antara lebih dari 80 nama lain yang diajukan.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com pada Rabu (19/1) pukul 14.16 WIB, cuitan dengan kata kunci Nusantara telah mencapai 47 ribu lebih dan telah menjadi trending sejak 11 jam terakhir.


Salah satunya cuitan berasal dari @ZA_Offici4l yang menunjukkan dukungannya pada ibu kota baru negara ini.

"Nusantara, Masa depan kejayaan Indonesia," tulisnya pada Rabu (19/1).

Selain dukungan, netizen lain menyampaikan kritik pada proses pembentukan IKN yang minim keterlibatan publik. Sehingga pemerintah perlu melakukan sosialisasi yang masih, serta mendengar aspirasi rakyat menurut akun @JimlyAs.

Sedangkan akun lainnya menilai penggunaan nama Nusantara juga sempat menuai pro-kontra karena dianggap jawasentris. Pro kontra tersebut memicu komentar dari akun bernama @studiklub.

"Kemarin ada yg nolak nama Nusantara dg alasan Jawasentris. Tapi jg menolak ibukota dipindah dr jawa, bukannya itu malah mendukung Jawasentris?" tulisnya.

Perbincangan tentang Nusantara juga diselipi cuitan bernada kelakar, seperti dari akun @safrudi53158735.

"NUSANTARA kek' judul lagu Koes Plus," katanya.

Kelakar lain datang dari @rizahariati yang menyebut nantinya penggunaan ata Nusantara akan berubah karena telah menjadi sebuah kota.

"Nanti ga bisa ngomong nusantara lagi. Karena nusantara letaknya di kalimantan. Wkwkwk," tulisnya.



(lom/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER