Trik Kirim Foto Tanpa Kompres via Whatsapp

fea | CNN Indonesia
Kamis, 20 Jan 2022 11:09 WIB
Ada cara khusus mengirim foto di Whatsapp yang sesuai ukuran asli, tidak dikompres otomatis seperti biasanya. Ilustrasi Whatsapp. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada satu masalah kerap muncul dan tak diinginkan pengguna saat mengirim foto di Whatsapp, yaitu kualitasnya turun alias blur karena resolusinya turun. Hal ini bisa diatasi dengan trik khusus namun konsekuensinya foto yang dikirim menjadi tidak punya thumbnail.

Ada dua cara umum mengirim foto di Whatsapp, yaitu memotret langsung menggunakan kamera internal dan memilih di galeri lalu mengunggahnya.

Whatsapp memiliki sistem yang secara otomatis mengompres foto dari dua cara tersebut sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Keuntungan proses ini yakni lebih mudah dan cepat.


Jika Anda tak mau sistem otomatis melakukan kompres foto alias ingin file yang dikirim sesuai ukuran asli, bisa melakukan langkah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi WhatsApp

2. Pilih kontak yang akan dikirimi pesan foto

3. Di bagian percakapan, klik ikon penjepit kertas atau paperclip yang biasa untuk melampirkan dokumen di sebelah ikon kamera

4. Pada layar akan ditampilkan opsi seperti Dokumen, Kamera, Galeri, Audio, Lokasi, dan Kontak. Pilih Dokumen untuk mengirim foto tanpa dikompres

5. Anda akan dialihkan ke halaman File Manager smartphone dan semua file akan ditampilkan dalam wujud thumbnail

6. Selanjutnya, klik Browse other docs. Lalu cari dan pilih foto yang ingin dikirimkan

7. Klik kirim, tunggu sampai proses upload dan pengiriman selesai. Proses upload bisa cepat atau perlu menunggu tergantung ukuran asli file fotonya.

Saat mengirimkan foto menggunakan cara itu maka tampilannya berupa menjadi lampiran dokumen, tidak ada thumbnail seperti memakai cara konvensional. Pengguna yang ingin melihat foto mesti mengklik lampiran dokumen tersebut lebih dulu.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER