Game Android Kini Bisa Dimainkan di PC Windows

CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 09:25 WIB
Google meluncurkan aplikasi baru, Google Play Games, yang memungkinkan game Android dimainkan dan tersinkronisasi di PC berbasis Windows. Ilustrasi gamers. (AFP/MARIA TAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google meluncurkan secara terbatas aplikasi uji coba versi beta yang membawa game Android ke Windows. Kini gamer bisa memainkan game Android di PC.

Game Android akan tersedia di aplikasi khusus bernama Google Play Games. Aplikasi versi beta ini bisa digunakan di Hong Kong, Korea Selatan, dan Taiwan mulai hari ini, Kamis (20/1).

Pengguna PC Windows yang menggunakan Google Play Games bisa memainkan game Android populer seperti Mobile Legends, Summoners War, State of Survival, dan Three Kingdoms Tactics.

Google mengatakan game Android bisa dimainkan di laptop dan desktop Windows sehingga pengguna bisa melanjutkan permainan baik di ponsel, tablet maupun PC, karena menjamin sinkronisasi.

"Pemain dapat dengan mudah menelusuri, mengunduh, dan memainkan game seluler favorit mereka di PC sambil memanfaatkan layar yang lebih besar dengan input mouse dan keyboard," kata Arjun Dayal, manajer produk grup untuk Google Play Game.

Ia mengatakan nantinya tidak ada lagi kehilangan pencapaian game saat beralih antar perangkat, karena semua terhubung dengan profil Google Play Games Anda.

Google Play Game juga akan menyertakan Play Points yang dapat diperoleh saat bermain game Android di PC, menurut laporan Gizmodo.

Google baru mengumumkan rencananya untuk membawa game Android ke PC sebulan yang lalu, tetapi masih belum jelas teknologi apa yang digunakan Google untuk menjalankan game Android di PC Windows.

Google Play Games juga menjadi aplikasi native Windows yang dikembangkan sendiri oleh Google. Ini juga bukan layanan streaming game, gamer harus mengunduh game untuk memainkannya.

Dikutip The Verge, pengumuman Google itu datang beberapa bulan setelah Microsoft mulai menguji aplikasi Android di PC Windows 11.

Microsoft telah membangun Subsistem Windows untuk Android, yang mampu menjalankan aplikasi Android dari berbagai sumber, di antaranya dengan kerja sama dengan Amazone Store.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER