Cara Melihat Kontak yang Paling Sering Dihubungi di WhatsApp

tim | CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 06:40 WIB
Fitur ini dapat menunjukkan kontak yang sering dihubungi di WhatsApp. Berikut cara melihat siapa yang paling sering chat dengan Anda di WA. Fitur ini dapat menunjukkan kontak yang sering dihubungi di WhatsApp. Berikut cara melihat siapa yang paling sering chat dengan Anda di WA. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp (WA) memungkinkan penggunanya melihat kontak yang paling sering dihubungi lewat chat. Untuk bisa menggunakannya, Anda tak perlu mengunduh aplikasi tambahan lain, hanya cukup melalui aplikasi WhatsApp saja.

Keberadaan fitur tersembunyi ini kerap tak disadari. Dengan menggunakan fitur bawaan WhatsApp ini, Anda dapat mengetahui kontak yang paling sering dihubungi atau berkomunikasi lewat chat. Berikut cara melihat siapa saja yang paling sering chat di WA.

Anda juga bisa menerapkan cara ini untuk mengetahui pasangan, anak, atau anggota keluarga lain chat dengan siapa saja di WhatsApp, tentunya melalui hp si pemilik akun WA yang bersangkutan.


Tips Melihat Siapa yang Paling Sering Chat di WhatsApp

ilustrasi aplikasi whatsapp. CNNIndonesia/Adhi WicaksonoCara melihat siapa yang paling sering dihubungi lewat chat di WhatsApp. (Ilustrasi Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Untuk mengetahui dengan siapa kontak yang sering chat di WhatsApp, ikuti langkah mudah berikut ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP
  2. Klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas layar
  3. Pilih menu Settings atau Setelan
  4. Pilih opsi Chats yang ada pada urutan kedua
  5. Gulirkan layar, pada bagian paling bawah pilih opsi Chat History
  6. Kemudian klik Export chat. Pada bagian atas yakni "Frequently Contacted" akan ditampilkan deretan kontak yang paling sering berkomunikasi atau chat dengan Anda di WhatsApp akhir-akhir ini.

Selain itu, pada layar yang sama ditampilkan "Recent Chat" atau daftar kontak dengan pesan atau chat terbaru yang dihubungi, baik itu kontak personal maupun grup WA.

Anda juga bisa melakukan metode yang lebih cepat untuk hasil serupa dengan cara shortcut berikut ini. Langkah ini sama halnya seperti ketika mem-forward pesan:

  1. Buka chat atau obrolan apa pun, cari pesan yang ingin di-forward
  2. Tekan tahan pesan yang ingin di-forward
  3. Pada bagian atas menu, pilih simbol panah ke kanan yang berarti forward
  4. Dari sini akan muncul daftar kontak Frequently contacted yang paling sering berkomunikasi atau chat dengan Anda di WhatsApp
  5. Pada tahap tips melihat siapa yang paling sering chat dengan Anda di WhatsApp ini, Anda dapat berhenti tanpa perlu meneruskan pesan dan tekan back untuk kembali ke tampilan WA.

Mengecek dari Penyimpanan Data WhatsApp

Selain melihat daftar kontak yang paling sering dihubungi, Anda juga bisa mengecek dari penyimpanan data di ponsel. Dari sini, Anda bisa mengetahui kontak dengan kapasitas data yang terbesar.

Besarnya kapasitas penyimpanan data di ponsel, bisa menjadi salah satu petunjuk kontak tersebut mengirimkan banyak pesan.

Namun cara ini tidak efektif untuk mengukur seringnya frekuensi interaksi atau chat di WA. Sebab, kapasitas penyimpanan chat yang besar mungkin saja berasal dari ukuran foto maupun video yang membutuhkan ruang dalam penyimpanan.

Jika Anda tetap penasaran, ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP
  2. Klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas layar
  3. Pilih menu Settings atau Setelan
  4. Pilih opsi Storage and Data atau Penyimpanan dan Data
  5. Kemudian pilih "Manage Storage", setelah proses loading selesai, akan ditampilkan peringkat kontak dengan kapasitas isi chat terbesar sampai terkecil.
  6. Pada daftar ini, Anda juga dapat mengetahui seluruh foto, gambar, video, voice note, dokumen, hingga lokasi yang dibagikan dengan mengeklik kontak yang dipilih.

Demikian cara melihat siapa yang paling sering chat di WhatsApp, semoga membantu.

(fef/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER