Kenali 5 Ciri Aplikasi Pinjaman Online yang Aman Digunakan

Advertorial | CNN Indonesia
Rabu, 26 Jan 2022 17:51 WIB
Kemajuan teknologi membuat segala sesuatu kini dapat dilakukan dengan cara online, tidak terkecuali dengan mengajukan pinjaman. Foto: dok. Shutterstock
Jakarta, CNN Indonesia --

Kemajuan teknologi membuat segala sesuatu kini dapat dilakukan dengan cara online, tidak terkecuali dengan mengajukan pinjaman. Saat ini, pinjaman online bisa memberikan kemudahan pada nasabah dalam proses pengajuannya.

Namun di balik kemudahan tersebut, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih pinjol. Pasalnya, ada banyak aplikasi pinjam uang online ilegal yang meresahkan masyarakat.

Bukannya mendapatkan dana cepat, nasabah justru bisa terlilit pinjaman dengan jumlah bunga yang tidak wajar. Karena itu, Anda harus mengenali ciri-ciri aplikasi pinjaman online yang aman seperti berikut ini.

1. Aplikasi Pinjaman Uang Online Wajib Terdaftar di OJK

Patut diingat, penting untuk menggunakan aplikasi pinjol legal. Untuk mengetahui legal tidaknya suatu perusahaan pinjaman online tersebut, Anda dapat mengeceknya pada situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aplikasi pinjol legal tentunya sudah terdaftar di OJK dan memiliki izin.

Jika aplikasi tersebut sudah terdaftar, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakannya. Terhitung per tahun 2021 kemarin, terdapat 106 perusahaan fintech dengan aplikasi pinjol legal yang sudah terdaftar di OJK.

2. Tata Cara Penggunaan Aplikasi Jelas dan Tidak Ribet

Aplikasi pinjol legal biasanya memiliki tata cara penggunaan yang mudah, sehingga pengguna dapat menggunakan aplikasi dengan gampang. Pinjol legal biasanya menggunakan akses https dan dapat diunduh di Google Play Store ataupun App Store, contohnya seperti Tunaiku.

Berbeda dengan aplikasi pinjol ilegal yang menggunakan mekanisme yang lebih rumit dalam penggunaannya. Tidak jarang aplikasi pinjol ilegal menggunakan link download aplikasi yang dikirim ke WhatsApp, karena aplikasinya tidak tersedia di App Store maupun Google Play Store. Aplikasi semacam ini tentu harus Anda hindari, karena kemungkinan besar akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

3. Suku Bunga dan Tenor yang Ditetapkan Transparan

Dalam pengajuan pinjaman, baik online maupun offline pasti terdapat bunga yang harus Anda bayarkan. Oleh karena itu, dalam memilih aplikasi pinjaman online yang nyaman Anda juga harus memastikan suku bunga dan tenor yang ada telah diinformasikan dengan transparan di awal.

Tujuannya agar nasabah dapat merasa lebih tenang dan juga aman dalam mengajukan pinjaman uang secara online. Dengan bunga dan tenor yang transparan, Anda juga bisa melakukan kalkulasi hitungan sendiri dalam pengembalian pinjaman.

Seperti halnya aplikasi Tunaiku yang memberikan informasi pinjaman dan cicilan Anda di awal sebelum penyetujuan pinjaman uang. Pada aplikasi Tunaiku Anda akan mendapatkan informasi limit pinjaman dan limit maksimal, suku bunga per bulannya, dan juga tenor pinjaman.

4. Review dari Pengguna Lain

Review dari pengguna lain bisa menjadi referensi yang membuat Anda merasa lebih yakin untuk menggunakan aplikasi pinjam uang online. Saat hendak meng-install aplikasi di Google Play Store ataupun App Store biasanya terdapat ulasan dari pengguna lain yang sudah menggunakannya.

Anda dapat melihat ulasan yang diberikan pengguna saat menggunakan aplikasi tersebut, seperti ada tidaknya masalah yang dialami saat penggunaan. Pengalaman pengguna lain itu akan menjadi cerminan dari aplikasi pinjol tersebut.

Perhatikan pula rating yang diberikan pada aplikasi tersebut. Semakin tinggi rating yang diperoleh, tentunya aplikasi tersebut sangat recommended untuk digunakan.

Itu tadi sedikit ulasan mengenai ciri-ciri aplikasi pinjaman online yang aman untuk Anda gunakan. Maraknya aplikasi pinjol ilegal yang beredar belakangan ini membuat aplikasi pinjol memiliki citra yang buruk. Padahal, jika Anda menggunakan aplikasi pinjaman uang legal yang telah terdaftar pada OJK malah bisa sangat membantu kebutuhan finansial.

Oleh karenanya, pastikan untuk menggunakan aplikasi pinjol legal dengan memperhatikan ciri-ciri di atas, contohnya seperti aplikasi Tunaiku. Aplikasi ini bisa Anda unduh dengan mudah di Google Play Store maupun App Store.

Tunaiku adalah aplikasi pinjaman uang tunai dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. Bank Amar telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga Tunaiku juga sudah memiliki izin dan aman untuk digunakan.

Tunaiku juga memiliki masa tenor hingga 20 bulan lamanya serta didukung dengan plafon besar hingga Rp 20 juta. Persyaratan mengajukan pinjaman dana di Tunaiku sangat mudah dan praktis. Anda cukup menyiapkan KTP dan mengisi formulir, maka uang akan langsung cair ke rekening secara cepat.

Jadi jangan ragu lagi, percayakan kebutuhan dana cepat bersama Tunaiku sekarang juga!

(adv/adv)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER