Kominfo Jelaskan Pentingnya Identitas Digital untuk Indonesia

CNN Indonesia
Kamis, 03 Feb 2022 05:40 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan tentang pentingnya kehadiran identitas digital untuk Indonesia. Kominfo jelaskan pentingnya identitas digital di Indonesia. (iStockphoto/Muhsin Rina)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan tentang pentingnya kehadiran identitas digital untuk Indonesia.

"Kenapa bagi indonesia ini sangat penting kedepannya, agar setiap orang yang beraktivitas di ruang digital itu bisa teridentifikasi," kata Direktur Jenderal

Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, di acara virtual, Rabu (2/2).

Semuel menjelaskan identitas digital atau digital identity adalah sebuah representasi digital untuk membedakan seorang pengguna dari pengguna lain di ruang digital.

Dalam pemanfaatannya, identitas digital dapat digunakan dalam berbagai macam hal, seperti melakukan pembelian barang secara online, membuka akun bank, atau membuka akun di berbagai layanan lain.

Kemudian Semuel juga menyebut kehadiran identitas digital ini juga bermanfaat untuk memberikan efisiensi ketika beraktivitas di ruang digital, membuat proses pendaftaran menjadi lebih mudah.

"Kita tidak perlu memberikan data-data pribadi kita secara menyeluruh, kita bisa saja hanya memberikan digital identity kita," jelas Semuel.

'Tidak perlu saya setiap kali masuk ke ruang digital mengisi data pribadi saya," imbuhnya.

Selain membantu dalam beraktivitas di ruang digital, kehadiran identitas digital juga bisa menjadi upaya penghematan ketika sebuah identitas digital dapat dikenali di berbagai platform.

"Jadi setiap sertifikat atau ID yang dikeluarkan oleh satu PSrE (Penyelenggara Sertifikat Elektronik), dikenali oleh PSrE lain dan platform yang menggunakan PSrE yang berbeda. Ini akan menghemat banyak sekali," tutur Semuel.

"Di Amerika saja menurut McKinsey tahun 2019, ini bisa menghemat US$130 miliar karena tidak semua orang membuat ID baru, sekali saja," tambahnya.

Lebih lanjut, pada bidang tata kelola negara, kehadiran identitas digital akan membantu masyarakat dalam mengakses berbagai layanan pemerintah, mulai dari layanan sosial, kesehatan, keuangan, bahkan hingga melakukan pemungutan suara.

(lnn/rhr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER