Ahli Duga Tulang Ikan Raksasa Sulsel adalah Paus Mati Terendam Pasir

CNN Indonesia
Selasa, 15 Feb 2022 17:15 WIB
Ahli BRIN menduga tulang ikan raksasa yang ditemukan warga di Sulsel merupakan paus yang membusuk kemudian terendam pasir. Tulang ikan setinggi orang dewasa ditemukan warga Selayar, Sulawesi Selatan. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ahli Peneliti Utama bidang ikan dari Pusat Riset Biologi-BRIN menduga temuan tulang ikan raksasa di wilayah Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan adalah tulang paus.

"Dugaan saya tulang ikan tersebut dari ikan yang masih ada sekarang. Kemungkinan besar adalah tulang paus," ujar Haryono kepada CNNIndonesia.com melalui pesan teks, Selasa (15/2).

Sebelumnya, seorang warga bernama Hasan menemukan tulang-tulang ikan raksasa di bibir pantai Dusun Kawau, Desa Garaupa, Kecamatan Pasilambena, Selayar pada Minggu (6/2). Kemudian ia bersama warga lain mengevakuasi tulang-tulang tersebut ke kantor camat setempat.

Salah satu tulang yang paling besar yang diduga bagian gigi bahkan berukuran 1 meter.

Haryono menyebut kemungkinan tulang paus tersebut berasal dari paus yang terdampar pada waktu lampau lalu membusuk dan terendam pasir.

"Jika tulang tersebut terkubur dalam bisa jadi pernah terdampar paus pada waktu lampau lalu membusuk dan terendam pasir/lumpur. Jadi bukan terbawa arus," katanya.

"Jika terkuburnya dangkal [baru] bisa karena terbawa arus," imbuhnya.

Andai saja tulang paus ini merupakan tulang purba, maka penemuan ini akan menambah jejak kehidupan purba di wilayah Sulawesi Tenggara.

Pada 2021 para ilmuwan menemukan fosil manusia purba berjenis kelamin perempuan yang diduga hidup 7.200-7.300 tahun lalu.

"Perlu penelitian lebih lanjut dengan melibatkan arkeolog. Jika sering ditemukan fosil, bisa sebagai penanda bahwa lokasi tersebut merupakan habitat satwa purba atau terjadi proses geologi di masa lampau," pungkas Haryono.

(lom/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER