Beli Barang di e-Commerce Kini Paket Diantar Pakai Motor Listrik

CNN Indonesia
Jumat, 18 Feb 2022 00:10 WIB
Selain untuk ojol, penggunaan kendaraan listrik kini juga menjalar ke platform e-commerce. Motor listrik Smoot yang digunakan Lazada untuk mengirim paket berisi barang pesanan pelanggan. (Lazada)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penggunaan motor listrik sudah digunakan pada bisnis ojek online untuk mengantar penumpang ataupun makanan. Kini platform e-commerce juga mulai menggunakan motor tanpa knalpot untuk mengantar barang yang dibeli pelanggan.

Lazada Indonesia melalui unit logistiknya, Lazada Logistics, berkolaborasi dengan PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) untuk menyediakan yang mereka sebut Blue Vehicle, armada pengiriman paket ramah lingkungan bagi mitra kurir Lazada Logistics menggunakan kendaraan listrik ramah lingkungan.

Dalam kerja sama tersebut, Smoot menyediakan Smoot Motor sebagai kendaraan berbasis listrik utama bagi mitra Lazada Logistics di wilayah Jakarta.

Program kemitraan ini disebut bagian dari komitmen Lazada untuk mendukung pertumbuhan ekosistem ekonomi digital dengan menyediakan layanan logistik ramah lingkungan.

Sejalan dengan komitmen tersebut, Smoot ingin memberikan akses bagi masyarakat Indonesia untuk pemberdayaan energi yang cerdas, aman dan ramah lingkungan melalui penggunaan baterai.

Dalam cakupan yang lebih besar, kerja sama antara kedua perusahaan ini diharapkan dapat sekaligus mendukung mendukung Program Langit Biru dari pemerintah Indonesia untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara serta mewujudkan perilaku sadar lingkungan masyarakat.

"Kolaborasi dengan Smoot akan menambah armada kendaraan listrik ke ekosistem logistik kami sebagai bagian dari upaya mendukung Program Langit Biru Pemerintah Indonesia," kata Philippe Auberger, Chief Logistics Officer, Lazada Indonesia dalam sebuah keterangan resmi Kamis (17/2).

"Membangun ekosistem eCommerce yang ramah lingkungan dan berkelanjutan adalah komitmen kami sehingga upaya mengurangi jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan Lazada menjadi salah satu bentuk kontribusi nyatanya," imbuhnya.

Smoot Motor bekerja mengandalkan sistem tukar (swap) baterai yang terintegrasi aplikasi pintar, Swap Energi. Pengguna Smoot Motor bisa memantau kondisi baterai melalui aplikasi kemudian melakukan penukaran baterai motor dengan mudah di ratusan lokasi penukaran baterai (SWAPPoin) yang tersedia di berbagai lokasi strategis di Jakarta, seperti di Alfamart, Alfamidi, dan Shell.

(lom/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER