Sindir PM Kanada Pakai Meme Adolf Hitler, Elon Musk Dicecar Publik

CNN Indonesia
Jumat, 18 Feb 2022 17:23 WIB
Cuitan Elon Musk tentang membandingkan Adolf Hitler dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menuai reaksi publik. CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk. (AFP/PATRICK PLEUL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bos SpaceX dan Tesla, Elon Musk, untuk ke sekian kalinya mendapat masalah karena cuitannya. Kali ini ini dia dicecar publik karena menyinggung pemimpin Nazi, Adolf Hitler, dan membandingkannya dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Dalam cuitan tersebut dia mengunggah semacam gambar meme berupa foto Hitler serta menyematkan tulisan 'Berhenti membandingkan saya dengan Justin Trudeau' di atas gambar tersebut. 

Gambar tersebut kemudian menyebar cepat dan memicu berbagai respons yang didominasi kecaman. Musk diketahui sudah mengapus cuitan yang dimaksud.

"Menggunakan gambar Adolf Hitler dan mengeksploitasi tragedi orang yang menderita, dihina, disiksa, dan dibunuh oleh rezim totaliter Nazi Jerman adalah menyedihkan dan mengganggu," tulis Museum Auschwitz, seperti dikutip Futurism.

"Itu tidak menghormati ingatan semua korban dan melukai banyak orang," imbuhnya.

Dilansir dari The Guardian, cuitan Hitler dilontarkan Musk sebagai respons atas perintah otoritas Kanada pada bank untuk memblokir donasi aset kripto kepada kelompok antivaksin.

Langkah ini tampaknya mempertegas posisi Musk sebagai golongan antivaksin. Musk telah menjadi pendukung vokal dari pengemudi truk sayap kanan yang menutup sebagian besar infrastruktur transportasi Kanada sebagai protes terhadap mandat vaksin tahun ini. Musk juga diketahui telah menjadi penentang vaksin sejak jauh sebelum itu.

Lebih lanjut, pengamat lain menunjukkan bahwa cuitan yang mengundang kecaman ini bukan pertama kalinya dilakukan Musk membawa-bawa Hitler.

Pengusaha yang sukses dengan bisnis angkasa luar dan mobil listrik ini memang dikenal dengan 'keanehannya' yang sering menuai pertanyaan publik. Beberapa di antaranya mungkin hanya membuat publik bingung, namun beberapa yang lain (seperti kasus ini) dapat menuai kecaman.

Perilaku Musk yang kerap memicu perdebatan ini bahkan membuat beberapa pemegang saham di perusahaan Musk mulai mempertanyakan apakah kemampuan teknisnya setimpal dengan perilaku 'akrobat sosial' yang dilakukannya.

(lom/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER