WiFi: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

CNN Indonesia
Kamis, 03 Mar 2022 11:45 WIB
Berikut ini penjelasan mengenai wifi, mulai dari pengertian, fungsi, dan cara kerja. Ilustrasi pengertian, fungsi, dan cara kerja wifi. (Pixabay/fancycrave1)
, CNN Indonesia --

WiFi telah menjadi sesuatu yang memudahkan urusan manusia. Dengan WiFi, seseorang bisa mengakses internet tanpa terhubung dengan kabel.

Lantas, apa pengertian WiFi, fungsinya, dan bagaimana cara kerjanya?

Cikal bakal WiFi ditemukan oleh seorang wanita bernama Hedy Lamarr. Nama aslinya adalah Hedwig Kiesler. Dia lahir di Wina, Austria, 1914 silam.

Dilansir dari Forbes, penemuan dari artis Hollywood ini dinamai dengan Frekuensi Hopping. Penemuannya kala itu ditujukan bagi angkatan laut Amerika Serikat dalam perang dunia kedua.

Dari penemuannya tersebut, muncullah WiFi, bluetooth, hingga GPS.

WiFi: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Ilustrasi Main LaptopIlustrasi pengertian, fungsi, dan cara kerja wifi. (StartupStockPhotos/Pixabay)

Berikut ini pengertian WiFi, fungsi, dan cara kerjanya.

Pengertian WiFi

Dikutip dari Webopedia, WiFi adalah teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan akses internet tanpa kabel dengan kecepatan yang tinggi.

Adapun gelombang radio yang digunakan yakni dengan rentang 2,4 GHz hingga 5 GHz.

WiFi dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti komputer dekstop, laptop, tablet, smart tv, maupun smartphone ke jaringan internet.

Agar dapat terhubung ke internet, berbagai perangkat tersebut harus berada dalam satu titik akses (hotspot).

Umumnya, jaringan WiFi dapat diakses dalam jarak 20 meter di dalam ruangan dan lebih dari 20 meter jika di luar ruangan.

WiFi bukanlah kepanjangan dari Wireless Fidelity. Berdasarkan sejarahnya, WiFi diperkenalkan pertama kali pada tahun 1999 di Atlanta oleh Wireless Enthernet Compatibility Alliance (WECA) atau lembaga sertifikasi jaringan AS.

WiFi sendiri tidak memiliki arti apa pun. Awalnya terdapat produk 'Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11' yang akan dipasarkan kepada konsumen. Namun, karena nama produk tersebut terlampau panjang dan sulit diingat, maka WECA menggandeng sebuah firma konsultasi merek untuk mencari nama lain yang lebih mudah diucapkan. Nama WiFi pun dipilih.

Ide nama WiFi adalah plesetan dari Hi-Fi atau High Fedelity. Selain itu, dalam pemasaran, slogan yang dibuat untuk WiFi adalah 'The Standar for Wireless Fidelity'. Frasa 'wireless fidelity" di slogan itu diasumsikan banyak orang sebagai akronim dari WiFi.

Fungsi WiFi

Asian girl student video conference e-learning with teacher and classmates on computer in living room at home. Homeschooling and distance learning ,online ,education and internet.Ilustrasi. Ada beberapa fungsi wifi yang perlu diketahui. (iStockphoto/ake1150sb)

WiFi memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  1. Menghubungkan perangkat seperti laptop, smartphone, maupun perangkat lain yang kompatibel ke internet;
  2. Membagikan data tanpa harus terhubung dengan kabel;
  3. Menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya, misalnya dari smartphone ke smart tv.

WiFi: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER