Durasi Video Tiktok Diperpanjang Maksimal 10 Menit

CNN Indonesia
Selasa, 01 Mar 2022 17:50 WIB
Video Tiktok awalnya hanya bisa maksimal 1 menit, kemudian diperpanjang menjadi 3 menit pada tahun lalu, dan kini paling lama 10 menit. Durasi video Tiktok diperpanjang jadi maksimal 10 menit. (AFP/MANJUNATH KIRAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengguna Tiktok mulai Senin (28/2) dapat mengunggah video berdurasi lebih panjang hingga 10 menit. Hal ini membuat platform video yang dimiliki ByteDance itu makin bersaing dengan Youtube.

Pada saat Tiktok meluncur untuk pertama kalinya, platform video asal China ini hanya bisa mengunggah konten maksimal 1 menit. Lalu pada tahun lalu diperpanjang menjadi maksimal tiga menit.

"Hari ini kami dengan senang hati mulai meluncurkan kemampuan untuk mengunggah video berdurasi hingga 10 menit," kata Tiktok mengutip AFP, Selasa (1/3).


Perusahaan berharap strategi ini akan semakin merangsang kreativitas pembuat konten di seluruh dunia.

Kemampuan video Tiktok lebih panjang tiga kali lipat dari sebelumnya datang ketika Youtube dan induk Facebook, Meta, mulai bersaing pada opsi konten pendek.

"Youtube masih di depan Tiktok dalam hal waktu yang dihabiskan, tetapi tidak kebal terhadap 'efek Tiktok'," kata analis Insider Intelligence Jasmine Enberg kepada AFP.

"Kesenjangan waktu yang dihabiskan antara kedua platform itu sempit, dan lebih lama. Video dapat membantu Tiktok mengejar ketertinggalan," ucap dia.

Video lebih panjang juga memungkinkan pembuat konten menghasilkan lebih banyak uang dan meningkatkan bisnis periklanan platform, menurut analis.

Youtube baru-baru ini menetapkan tujuan untuk tahun ini yang diklaim perusahaan dapat membuat kehidupan pembuat konten lebih mudah dan meningkatkan format populer yang menyaingi Tiktok.

"Pembuat YouTube adalah jantung dan jiwa dari platform ini. Untuk memberi mereka setiap peluang yang memungkinkan, kami akan terus berinvestasi di berbagai format kami," kata chief product Youtube officer Neal Mohan.

Saat ini konten video pendek seperti cuplikan video telah menjadi bahan unggulan di Tiktok dan sangat populer. Pesaing kemudian bermunculan seperti Youtube saat mengambil konsep, yang disebut 'Shorts' dan telah mencatat lebih dari lima triliun tampilan sepanjang waktu.

Video pendek biasanya dibuat lebih mudah dan diambil menggunakan ponsel cerdas, berdurasi 60 detik, dengan musik dan komedi sebagai tema populer.

Induk Facebook dan Instagram, Meta, memiliki penawaran yang disebut Reels, dan menurut kepala eksekutif Mark Zuckerberg adalah prioritas bagi perusahaan teknologi dan berkembang pesat.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER