8 Bagian Penting Sepeda Motor yang Rutin Dicek di Rumah

CNN Indonesia
Senin, 07 Mar 2022 07:26 WIB
Pemilik bisa mengeceknya di rumah sembari menghabiskan waktu libur. Berikut bagian-bagian penting sepeda motor yang harus rutin dicek. Bagian penting sepeda motor yang rutin dicek. (Foto: iStockphoto/Nikodash)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa bagian penting sepeda motor luput dari pemeriksaan rutin. Padahal ini penting guna menjaga performa kendaraan roda dua.

Pemilik bisa mengeceknya di rumah sembari menghabiskan waktu libur. Berikut bagian-bagian penting tersebut.

Sistem penerangan

Pemeriksaan seperti lampu depan, lampu sein, dan lampu pengereman, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Pemeriksaan ini sangat mudah untuk memastikan fungsinya. Jangan lupa periksa fungsi klakson.


Sistem pengereman

Rem merupakan salah satu komponen paling penting untuk diperiksa sebelum berkendara. Lakukan pemeriksaan kondisi rem, seperti kanvas rem, minyak rem, dan kaliper. Pastikan seluruh komponen bekerja sempurna.

Sistem kemudi

Pemeriksaan komstir atau steering harus dalam kondisi baik sehingga dapat menyeimbangkan stang sepeda motor serta meminimalisir getaran. Begitu pula bearing roda serta engine mounting mesin harus dipastikan dalam keadaan baik. Hal ini dilakukan agar pengendara bisa tetap stabil saat melaju.

Oli mesin

Oli mesin harus dicek dan diganti secara berkala untuk memastikan kinerja mesin tetap optimal dan tahan lama. Meskipun sepeda motor jarang digunakan, sebaiknya penggantian oli mesin harus tetap dilakukan.

Oli gardan dan CVT

Lakukan penggantian oli gardan setiap 2-3 kali ketika melakukan penggantian oli mesin atau ketika sepeda motor sudah menempuh jarak 8.000 - 10 ribu km. Oli gardan merupakan salah satu komponen vital yang harus diperhatikan pengendara yang memiliki sepeda motor matik.

Selain itu, pengendara harus melakukan pemeriksaan CVT dan penggantian gasket CVT setiap 3 kali ganti oli mesin atau ketika sepeda motor sudah menempuh jarak 12.000 km. Pastikan belt, roller masih dalam keadaan baik. Bila bagian dalam CVT sudah retak dan roller sudah tidak rata, segera ganti untuk mengembalikan performa motor matik.

Rantai dan gear

Bagi pengendara sepeda motor bertransmisi manual, harus memeriksa kondisi rantai dan gear. Apabila kondisi gear sudah lancip dan rantai sudah kendur, maka pengendara sebaiknya melakukan penggantian di bengkel resmi Suzuki terdekat. 7. Kabel gas dan kopling

Periksa bagian ini. Apabila ada keanehan segera bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan, karena hal ini dapat memicu kabel cepat putus akibat adanya gesekan.

Ban

Perhatikan tekanan udara ban yang diisi sesuai dengan kebutuhan ban. Apabila terlalu kempis akan membuat sepeda motor menjadi berat dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak.

Ban yang sudah aus segera ganti dengan yang baru untuk menjaga keselamatan pengendara agar terhindar dari kecelakaan karena jalanan yang licin saat musim hujan mengutip keterangan resmi Suzuki.

(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER