Toyota Akui Dukung Agenda G20 dengan Mobil Listrik bZ4X

CNN Indonesia
Sabtu, 26 Mar 2022 18:18 WIB
Sebanyak 143 unit Toyota bZ4X akan tersedia untuk menjadi alat mobilitas delegasi G20 selama di Bali. Toyota bZ4X akan menjadi mobil delegasi di KTT G20 berlangsung di Bali. (Foto: Global.Toyota)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengakui pihaknya akan mengirim ratusan unit mobil listrik bZ4X untuk mendukung agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada Oktober-November 2022. Mobil tersebut akan digunakan sebagai kendaraan resmi delegasi G20.

"Toyota support Event G20 dengan BZ4X," kata Anton kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (26/3).

Sebelumnya, sebanyak 143 unit Toyota bZ4X dikabarkan akan tersedia untuk menjadi alat mobilitas delegasi G20 selama di Bali. Total terdapat 656 unit mobil listrik, termasuk 123 unit Genesis G80 dan 226 unit Hyundai Ioniq untuk delegasi KTT G20.

Anton belum bisa merinci lebih lanjut rencana Toyota untuk mendukung agenda besar yang akan dihadiri oleh berbagai pemimpin negara tersebut.

"Tunggu saja tanggal mainnya," ucap Anton.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah meresmikan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) Ultra Fast Charging di Nusa Dua, Badung, Bali. SPKLU tersebut sebagai fasilitas penunjang KTT G20 yang disebut menjadi momen penting bagi Indonesia.

"Presidensi G20 adalah kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk menunjukkan berbagai komitmen terhadap pengurangan emisi CO2 melalui penggunaan mobil listrik selama KTT G20," kata Presiden saat memberikan sambutan peresmian SPKLU tersebut seperti dipantau secara virtual dari Jakarta.

Toyota bZ4X merupakan mobil listrik yang pertama Toyota berdasarkan filosofi e-TNGA. Mobil ini memiliki panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.650 mm.

Mobil akan tersedia dalam dua pilihan, yaitu penggerak roda depan atau FWD dan semua roda AWD.

Pada versi FWD dikatakan tenaganya mencapai dapat 150 kW sementara AWD 160 kW. Keduanya sama-sama menggendong baterai lithium-ion yang diletakkan secara rata di lantai mobil dengan tegangan total 355 volt.

Sementara performa di atas kertas, untuk akselerasi dari 0-100 km per jam, dapat dicapai dalam 8,4 detik untuk FWD dan AWD 7,7 detik.

Baterai mobil dapat terisi hingga 80 persen dalam 30 menit. Pengisian listrik juga dapat dilakukan menggunakan panel surya di atap mobil.

(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER