6 Aplikasi Petunjuk Arah Kiblat untuk Ramadan Tahun Ini

CNN Indonesia
Kamis, 31 Mar 2022 06:00 WIB
Menentukan arah kiblat bisa menggunakan kompas atau mengacu bayangan Matahari, namun ada cara lebih mudah yaitu memanfaatkan aplikasi khusus. Ilustrasi. Menentukan arah kiblat bisa menggunakan kompas atau mengacu bayangan Matahari, namun ada cara lebih mudah yaitu memanfaatkan aplikasi khusus. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Arah kiblat banyak dicari masyarakat Muslim karena menjadi petunjuk melaksanakan salat. Cara mencari tahu arah kiblat kini tak perlu repot karena kecanggihan teknologi sudah bisa memandu menggunakan aplikasi.

Menentukan arah kiblat sebenarnya bisa ditentukan menggunakan kompas atau penunjuk mata angin. Sebagian ada juga yang mengacu pada bayangan Matahari.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), BRIN beberapa waktu lalu menjelaskan kompas sebagai alat navigasi bisa turut digunakan buat menentukan arah kiblat.


"Kompas itu menentukan arah utara sampai selatan setiap saat, sehingga untuk menentukan arah kiblat perlu berbekal hasil perhitungan arah. Contohnya, arah kiblat dari Jakarta adalah 65 derajat dari utara ke barat," kata Lapan beberapa waktu lalu.

Kecanggihan teknologi tak luput melengkapi pencarian arah kiblat. Kecanggihan itu dapat diakses menggunakan ponsel dengan mengunduh aplikasi di iOS dan Android.

Berikut beberapa aplikasi yang dapat menunjukkan arah kiblat di Android:

i-Qibla

Aplikasi i-Qibla bisa digunakan sebagai penunjuk arah salat. Melalui aplikasi ini pengguna langsung disuguhkan fitur penentu arah kiblat pada saat aplikasi dibuka.

Selain itu aplikasi juga menyuguhkan beberapa fitur penunjang seperti membaca Al-Qur'an, waktu salat, doa, tasbih digital, Adzan pada waktu salat dan kumpulan asmaul husna.

Sebelum mengetahui arah kiblat di lokasi Anda, pengguna akan diminta melakukan kalibrasi di masing-masing ponsel. Pengguna dapat mengunduh aplikasi di App Store gratis.

100% Qibla Finder

Selanjutnya ada aplikasi 100% Qibla Finder. Lewat aplikasi ini pengguna dapat mengetahui lokasi tepat menghadap kiblat.

Pada tampilan awal aplikasi, pengguna disuguhkan tampilan citra satelit dari arah atas pengguna, untuk mengetahui letak lokasi lurus dengan Kabah.

Selain itu Anda juga disuguhkan dua pilihan untuk mengetahui arah kiblat, menggunakan kompas.

Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan

Aplikasi ini merupakan besutan pengembang aplikasi bernama Andi Unpam. Melalui platform ini pengguna dapat menentukan arah yang sesuai dengan ka'bah sebagai arah salat.

Selain dapat mengetahui arah kiblat, pengguna dapat informasi soal jadwal salat setiap hari, mengetahui jadwal imsak, mengetahui jadwal salat selama 30 hari ke depan serta jarak dari lokasi pengguna ke Ka'bah.

Aplikasi ini bisa diunduh di toko aplikasi Apps Store dan PlayStore. Mode bahasa terdapat banyak pilihan, seperti Inggris, Jerman, Prancis, Malaysia dan tentunya Indonesia.

Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro menyuguhkan sejumlah fitur penunjang ibadah Muslim, salah satunya ada petunjuk arah salat.

Platform yang sempat dikabarkan menjual data penggunanya itu dapat diunduh melalui App Store.

Soal kabar menjual data pengguna, sudah dibantah oleh Juru Bicara Muslim Pro dalam keterangan tertulis yang diterima.

"Muslim Pro tidak pernah menjual data pribadi pengguna dan berkomitmen untuk menjaga dan melindungi privasi pengguna kami. Muslim Pro menerapkan pengaturan keamanan dan tindakan perlindungan sesuai dengan standar industri dan memilih mitra teknologi terkemuka untuk memastikan keamanan data pengguna kami terjaga," demikian pernyataan resmi perusahaan.

Terdapat beberapa fitur adalah seperti membaca Al-Quran lengkap, kalender Hijriah, arah kiblat, waktu berbuka, zakat, tasbih, dan 99 sifat Allah (Asmaul Husna).

Ada pula keterangan lokasi masjid di sekitar penggunanya.

Aplikasi ini sudah tersedia di dua toko aplikasi AppStore dan Playstore, dan sudah bisa digunakan.

Qibla Finder Pro

Aplikasi petunjuk arah salat selanjutnya adalah Qibla Finder Pro. Lewat aplikasi ini pengguna dapat menentukan ke mana arah kiblat yang diklaim akurat.

Penyedia aplikasi juga menyediakan akses tanpa iklan yang dapat diterapkan dengan membayar mulai dari Rp16.000.

Anda dapat mengunduh aplikasi Qibla Finder Pro melalui toko aplikasi App Store yang ada di iOS.

Arah Kiblat 100 persen

Aplikasi ini menggunakan fasilitas GPS yang ada pada smartphone pengguna. Jadi Anda diklaim dapat menentukan akurasi hingga 100 persen dalam menentukan arah kiblat.

Pengguna dapat mengganti tema dan menghapus iklan pada saat menggunakan aplikasi ini dengan membayar kepada pihak pengembang aplikasi.

Hasil donasi pengguna akan digunakan untuk pengembangan aplikasi dan menyediakan fitur baru yang dapat bermanfaat untuk umat muslim, khususnya di Indonesia.

 

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER