Komunitas Panther Bicara Solar Langka dan Dilema 'Minum' Biosolar

CNN Indonesia
Kamis, 31 Mar 2022 02:30 WIB
Panther Mania mengatakan tak masalah Solar langka ataupun dijatah karena ada opsi menggunakan Dexlite atau Pertamina Dex. Panther Mania mengatakan tak masalah Solar langka ataupun dijatah karena ada opsi menggunakan Dexlite atau Pertamina Dex. (Overdrive 83 via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-4.0))
Jakarta, CNN Indonesia --

Komunitas pemilik mobil diesel Panther Mania menanggapi isu Bahan Bakar Minyak (BBM) diesel jenis Solar yang saat ini langka di pasaran menjelang penerapan Euro 4 pada 12 April.

Sekertaris Umum Panter Mania, Felix Valentino Pakpahan, mengaku tidak khawatir bila Solar langka, sebab dari sisi teknis, mesin-mesin Isuzu Panther dikatakan sudah sesuai BBM diesel yang lebih berkualitas seperti Dexlite dan Pertamina Dex.

"Kalau secara teknis mesin tidak menjadi persoalan, karena masih ada pilihan lain ada Dexlite ada Dex. cuma kalau dikasih Dex mesin secara teknis lebih bagus dan bersih," kata Felix kepada CNNIndonesia.com lewat sambungan telepon, Rabu (30/3).

Felix mengatakan mesin diesel yang menggunakan Dexlite dan Pertamina Dex lebih minim emisi gas buang dan ramah lingkungan.

Meski demikian dia juga menyadari harga dua jenis BBM itu lebih mahal dari Solar.

Harga satu liter Solar subsidi atau Biosolar saat ini dibanderol Rp5.150. Sedangkan BBM diesel nonsubsidi seperti Dexlite dijual Rp12.150 per liter dan Pertamina Dex Rp13.500 per liter.

Felix juga menjelaskan Isuzu Panther saat ini memiliki dua jenis mesin, konvensional dengan emisi buang Euro 2 dan commonrail Euro 4.

Pada jenis mesin diesel commonrail sudah disarankan menggunakan BBM diesel nonsubsidi untuk menyesuaikan kebutuhan mesin. Sedangkan pada mesin konvensional disebut masih bisa pakai Solar.

Felix juga menyoroti kondisi ketersediaan Solar di kawasan Jabodetabek. Menurut dia pembatasan pengisian Solar di sejumlah SPBU masih bisa diantisipasi para pemilik Panther lantaran mesinnya terbilang irit.

"Kalau dijatah ya sebenarnya enggak jadi masalah karena mesin konvensional masih cukup irit dengan Biosolar," pungkasnya.

Dia mengatakan kapasitas tangki Panther jika diisi penuh bisa digunakan untuk perjalanan ratusan kilometer. Sehingga dengan jatah Solar yang diterapkan di sejumlah SPBU masih bisa bertahan untuk perjalanan jauh.

Solar atau Biosolar merupakan bahan bakar destilasi yang mengandung minyak nabati atau Biodiesel yang besar campurannya sesuai regulasi lewat peraturan Menteri ESDM No. 12 tahun 2015. Mulai 1 Januari 2020 campurannya sebesar 30 persen menjadi B30.

Solar saat ini masih sering digunakan terutama bagi kendaraan operasional, karena harganya lebih terjangkau dari Dexlite maupun Pertamina Dex.

Selan karena murah, Solar juga kerap jadi favorit lantaran bisa digunakan pada mesin diesel berteknologi lawas di area yang minim pasokan Dexlite dan Pertamina Dex.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER