Netizen Ramaikan Pengumuman 1 Ramadan 1443 H Jatuh 3 April 2022

fea | CNN Indonesia
Jumat, 01 Apr 2022 20:33 WIB
Pemerintah mengumumkan 1 Ramadan 1443 Hijriah pada 3 April, sebelumnya Muhammadiyah menentukannya pada 2 April. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah yang menjadi penentuan hari pertama puasa jatuh pada Minggu (3/4). Penetapan tanggal itu direspons berbagai netizen di media sosial.

Dari berbagai unggahan netizen terlihat banyak yang menunggu pengumuman 1 Ramadan sambil menyaksikan siaran langsung Sidang Isbat yang disiarkan di televisi ataupun di internet.

"Alhamdulillah 1 Ramadhan jatuh pada tgl 3 April 2022. Besok udah mulai terawih," kata @Putri_Dws.


Ada pula @mardiasih yang membahas 1 Ramadan sambil bercanda.

Hasil sidang isbat yang digelar pemerintah dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Acara ini juga dihadiri perwakilan ormas-ormas Islam, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR dan para duta besar negara-negara Islam yang ada di Indonesia.

Kemenang mengamati posisi hilal di 101 titik di seluruh provinsi di Indonesia. Mulai tahun ini Kemenag menggunakan kriteria MABIMS atau Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura, yaitu tinggi bulan minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat.

Sebelumnya Kemenang mengacu kriteria hilal awal Hijriah adalah pada ketinggian 2 derajat, elongasi 3 derajat, dan umur bulan 8 jam.

Keputusan pemerintah 1 Ramadan pada 3 April berbeda dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang sudah menetapkan pada Sabtu (2/4).

Netizen juga mengomentari perbedaan penentuan antara pemerintah dan Muhammadiyah.

"1 Ramadhan aja yang beda, hati kita jangan :))," tulis @agstinaindh_

"jangan jadikan perbedaan penentuan 1 Ramadhan mengurangi kekhusyukan dalam beribadah puasa, mohon maaf lahir dan batin," ujar @anggaprabs.

(fea/fea)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER