7 Aplikasi Azan di Ponsel Pendukung Ibadah Ramadan 2022

CNN Indonesia
Rabu, 06 Apr 2022 07:57 WIB
Sejumlah aplikasi berguna telah tersedia untuk mendukung Anda menjalankan ibadah selama Ramadan 2022. Aktivitas ibadah di masjid At Tin, Jakarta, Jumat, 18 September 2020. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada banyak cara di era digital yang bisa digunakan untuk membantu menjalankan ibadah selama bulan Ramadan 2022, salah satunya memanfaatkan aplikasi tersedia di ponsel.

Pilihan aplikasinya beragam dan Anda bisa dengan mudah mengunduhnya ke ponsel. Misalnya Anda dapat bisa memilih aplikasi untuk memudahkan mencari jadwal waktu salat, waktu buka puasa dan jadwal imsak disertai fitur suara azan setiap waktunya tiba sebagai pengingat serta kemudahan membaca Al-Qur'an.

Berikut rekomendasi aplikasi azan pendukung beribadah di Ramadan 2022:

1. Al-Quran Indonesia

Tidak hanya menghadirkan Al-Qur'an 30 juz di dalam ponsel, aplikasi besutan pengembang Andi Unpam yang sudah hadir di Android maupun iOs itu juga berisi jadwal salat serta arah kiblat.

Fitur jadwal salat di aplikasi ini didukung suara azan sebagai notifikasi. Pengguna juga bisa menentukan sendiri waktu salat mana yang disertai suara azan, mana yang tidak.

Al-Quran Indonesia memiliki tampilan relatif nyaman dilihat dengan format aksara terbilang mudah dibaca. Aplikasi ini juga dapat direkomendasikan bagi kalangan usia lanjut agar membaca aksara Qur'an lebih terlihat jelas.

2. Muslim Go

Aplikasi Muslim Go merupakan buatan anak bangsa yang telah diunduh lebih dari satu juta pengguna. Selain menyajikan bacaan Al-Quran, terdapat pengingat waktu berbuka, sahur, dan imsak, hingga kumpulan doa yang bisa dibaca setiap hari.

Selain itu ada juga buku, musik, video, hingga komik yang diambil dari kisah tauladan Islam. Dalam aplikasi juga sudah tersedia suara Syeih Musyari Rasyid yang membacakan ayat-ayat Al Quran.

Pada fitur waktu salat terdapat suara azan yang bisa diatur kapan berbunyi. Aplikasi ini bisa membuat pengguna menjalankan salat tepat waktu tanpa perlu takut salah. Selain itu, ada fitur tasbih digital yang dapat membantu pengguna menghitung zikir.

3. Sholat Indonesia

Aplikasi Sholat Indonesia ini juga menghadirkan berbagai fitur mendukung Anda beribadah, khususnya selama Ramadan 2022. Aplikasi ini menghadirkan fitur membaca Al-Qur'an, menentukan arah kiblat, mencari lokasi masjid terdekat hingga fitur alarm untuk mengingatkan waktu salat beserta jadwalnya lengkap.

Lewat aplikasi ini pengguna dapat mengatur waktu menyesuaikan imsak dan berbuka puasa hanya melalui genggaman ponsel.

4. Romadon

Aplikasi ini bisa membuat pengguna mengetahui jadwal lengkap salat 5 waktu setiap hari. Terdapat juga jadwal lengkap untuk memberitahu jadwal imsak di lokasi tertentu.

Selain itu disertai panduan arah kiblat yang dapat digunakan untuk mengetahui arah sebelum salat ketika dalam perjalanan.

5. Usholli

Aplikasi Usholli diklaim memiliki data sesuai jadwal salat 5 waktu yang dimiliki Kementerian Agama RI. Lewat aplikasi ini pengguna dapat mengetahui jadwal salat.

Melalui platform itu pengguna dapat mengatur notifikasi yang bisa diatur sesuai waktu salat yang diinginkan. Aplikasi ini baru tersedia di Android.

6. Azan Indonesia

Aplikasi Azan Indonesia dibuat pengembang Mazoul Dev. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui jadwal salat secara tepat.

Menariknya, selain meingatkan waktu salat lewat jadwal dan suara azannya, aplikasi ini juga bisa membantu pengguna menemukan lokasi masjid terdekat untuk menjalankan ibadah.

7. i-Qibla

Aplikasi penunjuk arah kiblat yang dapat diunduh di iOS yakni i-Qibla. Melalui aplikasi ini pengguna dapat merasakan fitur arah kiblat pada saat membuka aplikasi.

Tak hanya itu pengguna juga dapat merasakan berbagai fitur, yakni membaca Al-Quran, waktu sholat, doa, tasbih digital, adzan pada waktu salat dan kumpulan asmaul husna.

(ttf/fea)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER