Cara Menghemat Data Internet WhatsApp Biar Tak Boros

tim | CNN Indonesia
Kamis, 14 Apr 2022 07:06 WIB
Dengan mengetahui cara menghemat data internet WhatsApp, Anda tetap bisa menggunakan WA tanpa khawatir boros dan kuota tidak terbuang sia-sia. Ilustrasi. Dengan mengetahui cara menghemat data internet WhatsApp, Anda tetap bisa menggunakan WA tanpa khawatir boros dan kuota tidak terbuang sia-sia. (Kiky Makkiah)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp menjadi media sosial untuk berkomunikasi yang paling diandalkan banyak orang. Kebutuhan berbagi pesan, gambar, video, hingga telepon bisa dilakukan dengan mudah di WhatsApp.

Hanya saja, pengguna aktif WhatsApp yang menggunakan aplikasi ini setiap harinya memerlukan kuota internet yang cukup banyak untuk bisa mengakomodasi berondongan chat dan panggilan yang masuk setiap hari.

Dengan mengetahui cara menghemat data internet WhatsApp berikut, Anda tetap bisa menggunakan aplikasi WhatsApp tanpa khawatir boros ataupun kuota tidak akan terbuang sia-sia. Simak caranya.


1. Matikan background data

Shot of an unrecognizable group of people social networking insideIlustrasi. Cara menghemat data internet WhatsApp agar tidak boros kuota (Istockphoto/ PeopleImages)

Tanpa disadari, kuota internet Anda akan terus termakan meski tidak sedang membuka WhatsApp karena aplikasi tetap berjalan di background.

Supaya menghemat kuota internet, Anda bisa menonaktifkan background datanya. Akan tetapi, pesan apa pun tidak akan masuk selama Anda tidak membuka aplikasi WhatsApp.

WhatsApp akan kembali berjalan dan menerima pesan masuk ketika Anda membuka aplikasinya saja. Untuk mematikan background data WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka aplikasi menu Pengaturan ponsel
  • Kemudian pilih opsi menu Aplikasi
  • Gulir layar dan temukan aplikasi WhatsApp. Bisa juga melakukannya dengan mengetik aplikasi WhatsApp pada kolom pencarian
  • Ketuk menu WhatsApp, lalu ketuk opsi Data Seluler
  • Matikan opsi Izinkan penggunaan data latar belakang.


2. Nonaktifkan unduh media otomatis WhatsApp

Menerima maupun mengirim foto dan video WhatsApp menyedot kuota internet yang lebih besar sehingga jadi lebih boros.

Dengan mematikan fitur unduh media otomatis (auto-download) foto dan video di WhatsApp, kuota internet tidak akan terbuang sia-sia. Anda cukup memilih foto atau video mana yang hanya ingin diunduh dan dilihat.

Selain menghemat kuota internet, cara ini juga dapat mencegah kapasitas memori ponsel Anda cepat penuh. Berikut cara menonaktifkan fitur auto-download WhatsApp.

  • Pilih Settings (Setelan) pada aplikasi WhatsApp, klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas
  • Selanjutnya pilih bagian Storage and Data usage (Penyimpanan dan data)
  • Hilangkan semua centang pada tiga opsi yang ada, yakni When using mobile data (Saat menggunakan data seluler), When connected on Wi-Fi (Saat terhubung ke Wi-Fi), dan When roaming
  • Kemudian tekan OK. Jika berhasil, akan muncul keterangan 'No media' pada ketiganya
  • Anda akan tetap bisa mengunduh foto atau video yang dikirim meski menonaktifkan fitur auto-download, namun secara manual dengan tap pada media yang ingin dilihat saja.

Cara menghemat data internet WhatsApp, lanjut halaman dua...

Cara Menghemat Data Internet WhatsApp Biar Tak Boros

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER