6 Aplikasi Pemantau Arus Mudik, Beri Info Kemacetan hingga SPBU

lom | CNN Indonesia
Selasa, 19 Apr 2022 10:05 WIB
Beberapa aplikasi bisa mempermudah Anda dalam memantau arus mudik demi menghindari macet hingga tersesat di perjalanan. Berikut daftarnya. Ilustrasi. Sejumlah app kini bisa diandalkan menjadi penuntun Anda saat mudik. (Foto: FirmBee/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selalu ada jalan menuju kampung halaman. Hanya saja, bersaing dengan puluhan juta orang di jalanan dan jalur yang bisa sampai ke pelosok daerah tentu membuat pemudik membutuhkan pembimbing. Beberapa aplikasi bisa menjadi kandidat kuatnya.

Pemerintah tahun ini mengizinkan masyarakat untuk mudik Hari Raya Idulfitri usai membatasinya selama dua tahun sebelumnya. Angka pemudik tahun ini pun diprediksi akan melonjak hingga 85 juta orang.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan sekitar 16 persen pemudik berasal dari Jabodetabek dengan hampir separuh di antaranya akan menggunakan kendaraan pribadi.

Banyaknya angka warga yang pulang kampung tersebut membuat pemudik perlu bersiasat agar sebisa mungkin terhindar dari kemacetan dan waktu libur lebaran tak habis di jalan.


Saat ini terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan masyarakat secara mudah via ponsel untuk memantau arus mudik lewat perangkat ponsel. Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar aplikasi pemantau arus mudik lebaran Idulfitri:

1.Google Maps

Aplikasi peta dari raksasa teknologi Google ini sudah lazim dipakai untuk memantau arus lalu lintas. Ia dapat menunjukkan rute perjalanan pemudik sekaligus memberikan informasi kepadatan lalu lintas.

Google Maps biasanya juga memberikan beberapa alternatif rute yang dapat dipilih oleh pemudik.

Selain itu, pemudik juga dapat mengakses beberapa informasi tambahan untuk membantu perjalanan, mulai dari lokasi pom bensin, ATM, tempat makan, hingga rest area.

2. NTMC Mudik

Dirilis oleh Korps Lalu Lintas Polri, app NTMC Mudik merupakan aplikasi yang dirancang membantu perjalanan pemudik sejak Lebaran 2018.

Aplikasi ini memungkinkan pemudik mengakses berbagai informasi penting seperti titik kemacetan, lokasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), hingga rest area.

Selain itu, NTMC Mudik memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan tambahan lainnya dari NTMC TV, Jasa Marga, Jasa Raharja, dan informasi dari Polri.

3. Travoy

Aplikasi yang diluncurkan oleh Jasa Marga ini dapat membantu pemudik untuk merencanakan mudiknya dengan memasukkan tanggal keberangkatan. Pemudik pun dapat melihat berapa banyak orang yang akan mudik di tanggal yang mereka pilih.

Selain itu, aplikasi Travoy juga menawarkan sejumlah informasi penting untuk memudahkan aktivitas mudik seperti tarif tol, rest area, dan bahkan memesan makan di rest area yang berjarak 20 kilometer dari lokasi pemudik.

Bersambung ke halaman berikutnya...

[Gambas:Video CNN]

Terkoneksi dengan CCTV

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER