Kamera Depan iPhone 14 Disebut Punya Autofokus dan Jago 'Low Light'

CNN Indonesia
Rabu, 20 Apr 2022 15:40 WIB
Kamera depan iPhone 14 untuk selfie diperkirakan akan lebih baik dari pendahulunya dengan bukaan f/1.9. Ilustrasi. Kamera depan iPhone 14 diprediksi lebih besar dari pendahulunya. (Foto: ibox.co.id)
Jakarta, CNN Indonesia --

Analis industri Ming-Chi Kuo memprediksi kamera depan iPhone 14 yang biasa digunakan untuk selfie alias swafoto akan lebih baik dari seri sebelumnya.

Dikutip dari Phone Arena, Kuo, analis dari TF International Securities yang selama ini dikenal dengan akurasi tebakan spesifikasi gawai Apple, mengungkapkan iPhone 14 akan memiliki fitur autofokus dengan bukaan kamera depan f/1.9.

Namun demikian, belum diketahui berapa besar resolusinya. Sementara, iPhone 13 menggunakan bukaan f/2.2 pada kamera depan dan fokus tetap (fixed focus).


Angka bukaan atau aperture pada kamera mewakili besar lubang tempat masuknya cahaya ke lensa. Pengaturan apertur diwakili dengan huruf "f", yang berarti rasio panjang fokus dengan diameter bukaan.

Semakin kecil angka yang mengikuti huruf "f", maka semakin besar lubang aperture. Semakin kecil angka pada apertur, semakin banyak cahaya yang masuk sehingga memungkinkan untuk digunakan dalam kondisi low light alias minim cahaya.

Apertur yang rendah juga berpengaruh terhadap kedalaman gambar alias efek bokeh.

Sementara, autofokus adalah kemampuan kamera untuk secara otomatis mencari dan menaruh fokus pada subjek gambar. Kebalikannya adalah fokus manual dimana pengguna harus mencari sendiri benda yang akan dijadikan fokus.

Kuo melanjutkan dengan dua fitur itu kamera depan iPhone 14 akan memberikan hasil foto potret yang 'kece'. Selain itu, autofokus juga akan berguna untuk panggilan video, FaceTime, dan live streaming.

Selain itu, kamera belakang pada model iPhone 14 Pro disebut akan 25 hingga 35 persen lebih besar daripada iPhone 13 Pro dan Pro Max, dengan resolusi 48MP, jauh lebih besar dibandingkan dengan kamera utama di produk sebelumnya yang hanya 12MP dalam tujuh tahun terakhir.

Bocoran desain iPhone 14 juga menunjukkan bentuk yang lebih ramping, chip A16 Bionic yang lebih cepat, dan kemungkinan akses USB-C.

Sebelumnya, Apple dikabarkan akan merilis empat iPhone pada September 2022, yakni iPhone 14 reguler 6,1 inci; iPhone 14 Max 6,7 inci; iPhone 14 Pro 6,1 inci; dan iPhone 14 Pro Max 6,7 inci.

Kabar yang beredar, iPhone 14 Pro dan Pro Max akan dibekali kamera belakang 48MP yang mendukung perekaman video 8K.

Spek Hp

Spesifikasi dan harga iPhone 14 belakangan sudah bocor di media. Seri terbaru ponsel keluaran Apple itu disebut bakal dibanderol Rp11,4 juta.

Model iPhone 14 Pro terlihat memiliki peningkatan paling radikal. Akan tetapi perubahan besar juga kemungkinan bisa dilihat di jajaran iPhone 14 seiring dengan rencana ditiadakannya seri iPhone 14 Mini demi iPhone 14 Max 6,7 inci yang baru.

Menurut rumor terbaru yang dikutip dari Toms Guide, iPhone 14 sedang menjalani tes validasi teknik (EVTs), artinya desain telah diperbaiki sejak iPhone 14 masuk ke uji produksi pada Februari. Tes-tes ini akan menunjukkan apakah model-model baru memang memenuhi standar Apple yang tepat.

Sementara itu, harga iPhone 14 yang bakal dijual di pasaran juga disebut sulit untuk diprediksi. Namun, harganya diprediksi bakal sama dengan harga iPhone 13 mulai US$799 atau Rp11,4 juta untuk seri biasa dan US$999 atau sekitar Rp14,3 juta untuk iPhone 14 Pro.

Karena kemungkinan tidak ada iPhone 14 mini kali ini, iPhone 14 Max dengan lebar 6,7 inchi diprediksi akan seharga US$899 atau Rp12,8 juta dan mungkin lebih dari US$1.099 atau Rp15,7 juta untuk iPhone Pro Max.

Di sisi lain, LeaksApplePro mengklaim tiga dari empat model iPhone 14 diperkirakan akan mengalami kenaikan harga.

IPhone 14 standar diperkirakan akan tetap di US$799 dan iPhone 14 Max baru dirobek dengan biaya US$899. Tetapi iPhone 14 Pro mungkin bisa mencapai harga US$1.099 atau naik US$100 dari iPhone 13 Pro sebelumnya US$999.

Begitu juga untuk iPhone 14 Pro Max yang disebut mungkin akan terjadi kenaikan harga mencapai US$1.199 atau Rp17,2 juta.

Kenaikan harga yang cukup signifikan ini tentu membuat orang yang menunggu kehadiran iPhone 14 berharap teknologi canggih.

(ttf/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER