Kilas Balik Video Pertama YouTube 17 Tahun yang Lalu

CNN Indonesia
Jumat, 06 Mei 2022 12:09 WIB
Jawed Karim, salah satu pendiri Youtube, mengunggah video pertama di platform ini pada 24 April 2005. Jawed Karim, salah satu pendiri Youtube, mengunggah video pertama di platform ini pada 24 April 2005. (Lionel BONAVENTURE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kurang lebih 17 tahun lalu, seorang pria yang menjadi salah satu pendiri YouTube, Jawed Karim, mengunggah video pertama ke platform berbagi video itu.

Tepatnya pada 24 April 2005, Karim mengunggah video berdurasi 18 detik beresolusi rendah yang berjudul 'Me at the zoo'. Di video itu Karim tengah berada di kebun binatang San Diego dengan latar dua ekor gajah.

Unggahan video itu menjadi cikal bakal layanan siaran video yang menjadi ladang peruntungan bagi sejumlah kreator, hingga sebagai platform berbagai informasi publik.


Seperti kebanyakan video yang diunggah di media sosial pada masa itu, klip tersebut tidak banyak mendapatkan sentuhan tak seperti banyak video di Youtube yang bertebaran saat ini.

"Baiklah, jadi di sini kita berada di depan gajah. Hal yang keren tentang gajah ini adalah mereka memiliki belalai yang sangat, sangat, sangat panjang, dan itu keren, dan hanya itu yang bisa saya katakan," kata Karim dalam video tersebut.

[Gambas:Youtube]

Sebulan setelah video Karim masuk ke situs pada April 2005, YouTube meluncurkan layanan beta sebelum peluncuran resmi pada November 2005, dikutip Wion News.

Tak jauh dari peluncuran resmi. Karim meninggalkan YouTube untuk melanjutkan studi magister ilmu komputer di Universitas Stanford.

Kemudian platformnya mendapatkan suntikan modal senilai puluhan juta dolar, ketika Google mengakuisisi YouTube sebesar US$1,65 miliar pada 2006.

Karim kemudian mendirikan sebuah usaha urun dana yang disebut Youniversity Ventures (sekarang Y Ventures), Airbnb dan Reddit mendapat manfaat dari investasi tersebut.

Dikutip dari Digital Trend, Karim nampaknya sudah memprediksi klip tersebut menjadi tren bagi pengguna YouTube saat ini. Kini unggahanya sudah menghasilkan lebih dari 200 juta kali penayangan, dan lebih dari 11 juta komentar.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER