Ramai-ramai Netizen Kecele soal PPKM Berakhir Hari Ini

CNN Indonesia
Senin, 09 Mei 2022 16:33 WIB
Netizen sempat terkecoh dengan kabar penyetopan PPKM, yang kemudian dibantah Pemerintah bahwa kebijakan itu tetap berlanjut. Ilustrasi. Netizen sempat gempar dengan kabar penyetopan PPKM. (Foto: istockphoto/ oatawa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Warganet ramai-ramai kecele dengan kabar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berakhir di seluruh Indonesia hari ini, Senin (9/5). Pemerintah pun menegaskan kebijakan itu tetap berlanjut.

Sebelumnya, PPKM Jawa-Bali dimulai sejak 19 April 2022 dan berlaku tiga pekan hingga hari ini. Sementara, PPKM luar Jawa-Bali dimulai pada 26 April dan berlaku dua pekan hingga 9 Mei.

Dengan berakhirnya PPKM di seluruh Indonesia hari ini, warganet riuh di jagat Twitter pada Senin (9/5) siang. Netizen khawatir jika PPKM berakhir tak ada lagi metode kerja dari rumah atau WFH.


"PPKM udah beneran dicabut? Jadwal WFH tetap ada dong please aaaarrrgghhh," ujar @warga_gongjin, Senin (9/5).

"Agak senang mendengar PPKM udah gaada tapi agak sedih juga, soalnya udah enggak per WFH-an lagi di kantor," ujar @dedamara.

Sementara, akun @mysubuh menilai berakhirnya PPKM di seluruh Indonesia ini "Memang sudah seharusnya."

Senada, akun @wdtu mengucap syukur sambil menuliskan doa dan harapan. "Alhamdulillah, PPKM seluruh Indonesia berakhir hari ini. Semoga Bangsa Indonesia sehat, sejahtera dan bersatu dalam bingkai NKRI yang damai," ujarnya.

Nyatanya, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan, yang juga merupakan koordinator PPKM Jawa-Bali, menyatakan PPKM tetap dilanjutkan setelah periode sebelumnya berakhir.

"Hingga hari ini akan terus memberlakukan PPKM sampai waktu yang belum ditentukan," kata dia, Senin (9/5).

Meski demikian, Luhut membuka peluang pelonggaran aturan "Di tengah terus membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di Tanah Air."

Usai konferensi pers itu, pemilik akun @miftahulharits cukup terkejut dengan kabar terbaru tersebut. "Wait we're still in PPKM?"

Pemilik akun @Anazoraa pun mengakui "Udah heboh revisi konten tentang PPKM Berakhir. Ternyata diperpanjang :)".

Namun demikian, bagi pemilik akun @fauzi_prima tak ada yang salah dengan pemberitaan media soal PPKM berakhir. Ia menduga warganet kadung terjebak dengan dugaan penyetopan total PPKM lantaran kasus Covid-19 kian membaik.

"Tak ada yg salah dg pmberitaan CNN Indonesia soal berakhirnya PPKM hari ini. Krn mmng sesuai waktu/jadwal akan berakhir hari ini. Sumber pmberitaan CNN pun mengacu ke jadwal itu. Tak ada kutipan pemerintah yg dipkai utk mmbnarkan PPKM totally berakhir."

"Menjadi ramai karena disalahartikan alias yg baca ngg fokus (mungkin efek libur panjang). Padahal CNN Indonesia berusaha mengingatkan, "hari ini ppkm jadwalnya berakhir loh," lanjutnya.

Diketahui, pemberitaan sejumlah media, termasuk CNNIndonesia.com, konsisten mengambil judul sejenis saat periode PPKM berakhir. Pembaruan jadwal PPKM berikutnya diberitakan kemudian. 



(can/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER