Mars Jadi Alasan Orang Terkaya Dunia Masih Tinggal di Kontrakan

CNN Indonesia
Senin, 16 Mei 2022 07:00 WIB
Miliarder Elon Musk fokus pada misinya untuk membangun koloni di Mars hingga membuatnya menjual semua rumahnya dan memilih tinggal di kontrakan dekat kantor. Miliarder Elon Musk mengaku mengontrak di rumah di kompleks perusahaannya SpaceX. . (Foto: ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Laily Rachev)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sempat mengaku tak memiliki rumah pribadi, CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk dianggap sejumlah pihak sebagai 'crazy rich' sesungguhnya yang tak risau dengan simbol-simbol kemewahan.

Ia juga kerap berkostum kaus oblong Rp300 ribu-an dalam pertemuan resmi, termasuk saat berjumpa Presiden Jokowi, di markas SpaceX, Texas, Sabtu (14/5); dan saat bertemu rombongan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, di Gigafactory Tesla, Austin, Texas, Selasa (26/4).

Namun, apakah benar pria terkaya di dunia versi Forbes itu sesederhana ini?


Pada Juni 2021, miliarder berusia 50 tahun itu mengaku tinggal di rumah petak yang ia sewa dari perusahaannya sendiri, SpaceX.

"Rumah utama saya adalah benar-benar terletak di Boca Chica/Starbase yang saya sewa dari SpaceX seharga US$50 ribu (sekitar Rp728 juta). Tetap mengesankan," kicaunya lewat akun @elonmusk.

Hal itu terkait dengan komitmennya untuk menjual semua aset fisiknya, seperti yang pernah diumumkannya pada Mei 2021.

"Saya menjual hampir semua harta benda fisik. Tidak akan memiliki rumah," kicaunya.

Dikutip dari Vanity Fair, delapan bulan setelah kicauan itu Musk memenuhi janjinya dengan menjual tujuh rumahnya di California, AS, dengan total US$137 juta.

Di antaranya, rumah pertama dan terbesarnya dijual US$29 juta kepada miliarder China William Ding, pada Juni 2021; properti keduanya dijual pada Oktober 2021 seharga US$7 juta;

Serta tiga rumah terakhir yang ia jual, yakni rumah kontemporer seluas 9,309 kaki persegi (sekitar 864,8 meter persegi) dengan enam kamar tidur dan tujuh kamar mandi seharga US$29,72 juta; rumah bergaya kolonial seharga US$6,77 juta; dan properti kecil seharga US$4,43 juta.

Kepada Wall Street Journal, Desember 2021, Musk mengaku sudah pindah ke Texas, yang merupakan basis Tesla dan SpaceX, setelah berulang kali berselisih dengan pejabat negara bagian California mengenai protokol Covid-19. Texas sendiri tidak memungut pajak individu, bahkan kepada orang terkaya di dunia.

Rumah kompleks

Dikutip dari Daily Mail, Boca Chica, daerah pantai berdebu di luar Brownsville, Texas, mulanya adalah desa bagi para pensiunan yang tenang.

SpaceX kemudian mendirikan markasnya di lokasi itu pada 2014 dan membeli sebagian besar properti, termasuk rumah milik Richard dan Patricia Heaton yang kini ditinggali Musk.

Namun, rumah itu jauh dari pusat kota. Musk harus berkendara 20 mil (32,19 km) ke supermarket terdekat. Sementara air minumnya diangkut dengan truk oleh Cameron County seminggu sekali hingga SpaceX membangun pabrik desalinasi yang diusulkan.

Salah satu warga sekitar mengakui bahwa miliarder berusia 50 tahun itu memang tinggal di Boca Chica yang hanya berjarak dua mil dari perbatasan Meksiko.

Rumah bergaya peternakan dengan tiga tempat tidur itu sudah dihaluskan bagian dindingnya, ditanami pohon baru, dan dititup semua bagian atapnya dengan panel surya berteknologi tinggi buatan Tesla, serta dilengkapi dengan rumah bermain anak-anak berbentuk roket.

Puluhan kamera, beberapa di antaranya terletak di atas jalan di puncak pohon palem, terpasang di sekeliling rumah. Tim pengawalnya tinggal di rumah sebelahnya.

Musk juga mendaftarkan alamat rumah tersebut sebagai tempat tinggalnya dalam daftar pemilih Pilpres AS 2020.

"Dia tidak pernah sendirian, dia selalu memiliki pengawal bersamanya. Dia biasanya datang larut malam, dia langsung masuk dan jarang keluar," kata Jim Crawford (76), kepada Daily Mail.

"Dia melambai satu kali tetapi dia tidak pernah mengundang atau menyapa kami. Anda tidak bisa ke sana dan mengetuk pintunya karena pengawalnya akan keluar dalam sekejap."

Penduduk setempat menyebut tanah seluas 1.580 kaki persegi (146,78 meter persegi) itu sebagai "kompleks" karena pagar setinggi 8 kaki (2,44 meter) dibangun di sekitarnya pada 2021.

"Anda tahu Elon Musk akan datang karena Anda melihat orang-orang SpaceX memungut sampah dan merapikan tempat itu," lanjut Crawford.

Bersambung ke halaman berikutnya...

[Gambas:Video CNN]

Mansion Mewah di Austin

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER