Diprotes Pencipta Black Dance, TikTok Buat Fitur Tag Kreator Konten

CNN Indonesia
Minggu, 22 Mei 2022 15:50 WIB
TikTok akhirnya memiliki fitur yang memungkinkan pencipta konten mendapat kredit melalui tag oleh pengunggah lain. Ilustrasi. TikTok menyediakan fitur penanda kreator konten. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Platform media sosial TikTok meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menandai (tag) kreator konten-konten viral sebagai bentuk pengakuan alias kredit atas karyanya.

Penandaan atau tagging kreator konten ini dapat dilakukan dalam deskripsi video.

"Fitur baru ini lebih memungkinkan kredit pembuat konten dan atribusi yang adil untuk komunitas pembuat konten dan pembuat konten kami," kata TikTok dalam laman resminya.


Perubahan yang diberikan TikTok ini merupakan respons dari banyaknya keluhan pengguna tentang konten yang kerap "menumpang" atau menempel pada konten-konten viral.

Dikutip dari The Verge, beberapa waktu lalu sejumlah kreator tarian warga kulit hitam alias black dance melakukan mogok massal setelah sejumlah video yang dibuat pengguna lain viral tetapi tidak memasukkan kredit atau atribusi kreator awal.

Hal ini tak lepas dari penampilan bintang TikTok Addison Rae di Late Night with Jimmy Fallon, 2021. Saat itu, Rae menampilkan serangkaian dance viral yang tidak dia ciptakan tanpa menyebut penciptanya yang sebagian besar adalah TikTokers warga kulit hitam yang pengikutnya lebih sedikit.

Demi mewujudkan permintaan para kreator dan pengguna tersebut, TikTok menghadirkan fitur yang mampu mengakomodir kebutuhan tersebut.

"Fitur-fitur ini merupakan langkah penting dalam komitmen berkelanjutan kami untuk berinvestasi dalam sumber daya dan pengalaman produk yang mendukung budaya kredit, yang penting untuk memastikan TikTok tetap menjadi rumah bagi ekspresi kreatif," tulis Kudzi Chikumbu Direktur Komunitas Kreator Tiktok.

"Baik mengambil bagian dalam tren terbaru, menambahkan bagian lucunya ke lelucon, atau membuat suara viral berikutnya, pembuat konten dapat dengan mudah dan langsung mengutip inspirasi mereka," imbuhnya.

Lebih lanjut, TikTok saat ini merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer. Platform yang awalnya ramai karena konten tarian, kini juga menyajikan berbagai macam konten lain yang bermanfaat, seperti edukasi, referensi lokasi wisata, tips-tips dari berbagai bidang, dan lain-lain.

Berikut cara untuk mengaktifkan fitur penanda kreator TikTok:

1. Buat atau edit video TikTok
2. Pada halaman unggah, ketuk ikon "video" baru
3. Setelah berada di halaman tag video, pengguna dapat memilih video yang disukai, difavoritkan, diunggah, atau yang menggunakan suara yang sama
4. Setelah dipilih, tag video akan ditambahkan sebagai mention pada bagian caption

(lom/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER