Mengenal Teknologi QRIS, Fitur yang Buat Allo Bank Semakin Praktis

CNN Indonesia
Selasa, 31 Mei 2022 10:35 WIB
Allo bank sudah menggunakan sistem QRIS dalam aplikasinya. Hal itu membuat penggunaan Allo Bank praktis. Ilustrasi. Allo Bank menggunakan QRIS untuk mempermudah transaksi. (Foto: iStockphoto/Thatphichai Yodsri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagai bank digital, Allo Bank menggunakan teknologi QRIS untuk mempermudah transaksi pembayaran. Teknologi itu sudah lazim digunakan untuk pembayaran dengan sistem non-tunai.

Situs resmi Bank Indonesia menjelaskan QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesia Standard. Fitur ini adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua PJSP yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS, termasuk Allo Bank.

Saat ini, dengan QRIS seluruh aplikasi pembayaran dari penyelenggara manapun baik bank dan nonbank dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS.

Untuk bisa menggunakan QRIS, merchant hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari BI. Selanjutnya, merchant sudah dapat menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR dari aplikasi manapun penyelenggaranya.

Khusus untuk Allo Bank, fitur QRIS tidak hanya membuat transaksi pembayaran jadi lebih cepat, tapi juga akan memberikan notifikasi transaksi secara real-time melalui scan QR dan Show QR.

Fitur QRIS juga dapat digunakan untuk transaksi tanpa dipungut biaya admin. Dengan limit mencapai Rp15 juta per hari.

Cara Menggunakan

Untuk menggunakan QRIS, nasabah Allo Bank dapat menggunakan cara scan QR dengan memilih menu Pay pada laman Home aplikasi. Kemudian, pilih Scan QR Code untuk memindai QRIS pada merchant dam masukkan nominal pembayaran, lalu pilih sumber dana yang akan digunakan dan klik Pay.

Jika ingin menggunakan cara show QR, nasabah dapat melakukannya dengan pilih menu Pay pada laman Home aplikasi Allo Bank, pilih Generate QR Code untuk menampilkan QR.

Kemudian masukkan PIN dan pilih sumber dana yang digunakan. Lalu, tunjukkan QR kepada kasir merchant.

Selain kemudahan dalam bertransaksi, Allo Bank menawarkan keuntungan lain dari segi bunga tabungan. Nasabah yang sudah upgrade ke Allo Prime bisa menikmati bunga tabungan sebesar 4 persen per tahun.

Nasabah Allo Prime juga tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. Dengan begitu, dana yang ada di tabungan tak akan berkurang sendiri seperti menabung di bank lain.

Download Allo Bank dan upgrade ke Allo Prime di sini.

Catatan Redaksi: CNN Indonesia terafiliasi dengan Allo Bank di bawah CT Corp.
(ttf/lth)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER