Indosat Sediakan 5G di Formula E, Pinjam Frekuensi Agar Tak Rasa 4G

CNN Indonesia
Selasa, 31 Mei 2022 13:06 WIB
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menjadi penyedian layanan 5G resmi pada ajang balap mobil listrik Formula E. Formula E menggandeng Indosat untuk menyediakan jaringan 5G. (Foto: CNN Indonesia/Chandra Erlangga)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menjadi penyedia layanan 5G resmi pada ajang balap mobil listrik Formula E alias Jakarta E-Prix 2022. Agar jaringannya benar-benar kencang, frekuensi 500 mhz pun dipinjamkan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Director and Chief Regulatory Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Danny Buldansyah mengatakan pihaknya bermitra dengan perusahaan teknologi Ericcson untuk gelaran ini.

"IOH bermitra dengan Ericcson akan menjadi official 5G partner pada ajang Formula-e 2022 di Jakarta," kata Danny kepada wartawan, Selasa (31/5) di Jakarta.


Ia mengakui dipinjami frekuensi 500mhZ oleh Kemenkominfo untuk menghadirkan 5G di sekitar lokasi Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

"Kami dapat pinjaman spektrum dari Kemkominfo 500 mhz untuk Formula-e 2022," katanya.

Penambahan frekuensi itu dilakukan agar jaringan 5G benar-benar cepat. Tanpanya, ujar Danny, penyediaan layanan 5G di ajang Formula E "tak cukup, jadinya 5G rasa 4G."

Danny mengatakan pelanggan yang ingin merasakan pengalaman 5G dari IOH, dapat mengunjungi stan yang berada di Jakarta Royal Suite dan area E-Village di sisi utara dari Ancol Beach City.

Dia mengatakan pengguna 5G IOH dapat melihat berbagai pemanfaatan teknologi 5G, seperti di antaranya cloud gaming 5G dan pengalaman kamera neckband Fitt 360.

Meski demikian, Danny mengatakan pengguna yang sudah memiliki perangkat selular 5G nantinya bisa langsung menikmati layanan suleler generasi kelima di wilayah tersebut.

"Untuk merasakan pengalaman layanan 5G IOH, pelanggan cukup menggunakan ponsel 5G, menggunakan uSIM, menggunakan paket internet, dan berada di area yang terjangkau jaringan 5G," ujarnya.

Lebih lanjut Danny mengklaim jika kecepatan internet 5G saat gelaran Jakarta E-Prix 2022 bisa dipacu hingga 4Gbps.

Di samping itu, Head of Ericsson Indonesia, Jerry Soper mengatakan lewat teknologi 5G di JIEC diklaim dapat digunakan untuk streaming video dengan kualitas tinggi.

"Teknologi generasi berikutnya ini akan memberikan kapasitas yang dibutuhkan di sekitar area sirkuit E-Prix yang dapat digunakan untuk streaming video berkualitas tinggi dan membagikan pengalaman mereka kepada teman dan keluarga," pungkasnya.

Sebagai informasi, ajang balapan mobil listrik penumpang tunggal Formula e akan digelar pada Sabtu, 4 Juni. Ajang balapan ini akan disiarkan lebih dari 170 negara.

Balapan Formula E Jakarta 2022 akan bertempat di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

[Gambas:Video CNN]

(can/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER