Macbook Air Baru Usung Pengisian Daya Magsafe, Harga Rp17 Juta

lom | CNN Indonesia
Selasa, 07 Jun 2022 16:52 WIB
Apple merlis Macbook Air terbaru dengan chip M2 Apple meluncurkan Macbook Air M2 di harga $1,199 atau Rp17,3 juta Foto: www.apple.com
Jakarta, CNN Indonesia --

Apple memperkenalkan produk laptop terbarunya Macbook Air dengan chip M2 dan desain terbaru. Selain itu, Macbook Air M2 juga menghadirkan kembali MagSafe charging port yang sebelumnya digantikan port type C.

Macbook Air M2 merupakan generasi penerus dari Macbook Air M1 yang dirilis pada 2020. Laptop ini disebut hadir dengan 10-Core CPU, dua core lebih banyak dari chip M1 yang hadir dengan 8-Core.


Hadirnya core CPU yang lebih banyak tentu memberikan peningkatan performa yang cukup signifikan. Chip M2 disebut dapat mengirim bandwith memori 100GB per detik dengan unified memory-nya dan mendukung penggunaan hingga 24GB unified memory, sehingga diklaim dapat menangani beban kerja yang lebih besar serta lebih kompleks dengan mudah.

Chip M2 juga disebut menghadirkan mesin pemrosesan media generasi terbaru dan mesin video ProRes untuk enkode dan dekode yang lebih baik. Hal ini diklaim membuat Macbook dengan chip M2 dapat memutar lebih banyak saluran video 4K dan 8K daripada sebelumnya.

[Gambas:Video CNN]

Macbook Air M2 hadir dengan desain terbaru yang membuatnya terlihat lebih tipis dari berbagai sudut pandang. Laptop ini berukuran hanya 11,3 milimeter, berat sekitar 1,2 kilogram, dan dibalut dengan bodi alumunium yang solid.

Desain yang tipis dan ringan ini disebut mengurangi volume laptop hingga 20 persen jika dibandingkan dengan Macbook Air generasi sebelumnya.

Selain itu, Macbook Air M2 juga dibekali kemampuan efisiensi daya, serta desain tanpa kipas yang membuat laptop ini tidak berisik saat digunakan.

Jika Macbook Air M1 hanya hadir dalam warna silver dan space gray, Macbook Air M2 hadir dengan dua warna tambahan, yakni midnight dan starlight.

Pada bagian layar, Macbook Air M2 dibekali dengan layar 13,6 inci Liquid Retina Display dengan kecerahan maksimal 500 nits, 25 persen lebih terang dari sebelumnya. Selain itu, layar baru ini juga mendukung hingga satu milyar warna.

Dilansir dari situs resmi Apple, Macbook Air M2 juga dibekali dengan 1080p FaceTime HD camera dengan sensor gambar yang lebih besar. Kemudian laptop baru ini juga dibekali dengan sistem empat speaker yang mendukung Spatial Audio untuk musik dan Dolby Atmos untuk menonton film.

Dilepas Juli

Sementara itu dilansir The Verge, Macbook Air M2 akan tersedia di pasaran pada Juli. Apple melepasnya di harga $1,199 atau Rp17,3 juta.

Untuk model standarnya, Macbook Air M2 dilengkapi Graphic Processing Unit (GPU) 8-core, 8 GB RAM, dan storage 256 GB. Sementara, untuk model yang lebih tinggi Apple mensejatai Macbook Air M2 dengan 10-core GPU, 8 GB RAM, storage 512 GB.

Namun harga yang dibanderol lebih tinggi yakni $1,499 atau Rp 21,6 juta. Macbook dengan prosesor M1 juga masih tersedia di harga $999.

(lth/lth)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER