TIPS OTOMOTIF

Rumus Dasar Beli Mobil Baru, Hitung-hitung daripada Menyesal

CNN Indonesia
Senin, 13 Jun 2022 20:00 WIB
Ada sejumlah pengetahuan dasar bagi Anda yang ingin membeli mobil baru, ini mesti diketahui biar tak menyesal setelah melakukannya. Ada sejumlah pengetahuan dasar bagi Anda yang ingin membeli mobil baru, ini mesti diketahui biar tak menyesal setelah melakukannya. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Membeli mobil baru untuk pertama kali memerlukan trik agar ke depan Anda tidak menyesal atau mungkin merasa dirugikan. Hal yang utama mesti dipikirkan adalah soal hitung-hitungan dana sehingga tak akan bikin boncos belakangan.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat perdana membeli mobil baru? Berikut uraiannya mengutip keterangan tertulis Auto2000.

Tentukan bujet

Langkah pertama ini sangat krusial dan menentukan tahapan berikutnya. Bagi kita yang sudah bekerja atau memiliki usaha, tentukan berapa harga beli yang logis dan realistis.


Sedangkan Anda yang akan dibelikan orang tua, diskusikan dahulu bujet dengan mereka.

Cari pilihan model

Dari bujet yang sudah ditetapkan, Anda dapat memulai mencari mobil yang diinginkan melalui banyak media seperti halnya internet. Sesuaikan mobil yang hendak dibeli dengan bujet dan kebutuhan.

Berhitung kredit mobil

Untuk pembelian secara kredit, pilihlah lembaga pembiayaan yang paling sesuai dengan rencana keuangan Anda. Misalnya, jika sudah bekerja atau memiliki usaha, pastikan pengeluaran untuk angsuran kredit mobil tidak melebihi 30 persen dari gaji atau penghasilan per bulan. Hal tersebut diyakini tidak sampai mengganggu pengeluaran lain.

Simulasikan juga kredit dan uang muka yang Anda punya sebelum membeli mobil baru. Faktor ini menjadi salah satu penentu sehingga Anda tidak merasa berat menghadapi cicilan.

Jangan lupakan biaya operasional

Kepemilikan mobil tidak berhenti saat mobil Anda datang dari showroom. Ada biaya operasional yang harus dikeluarkan supaya mobil dapat dipakai setiap hari seperti biaya bensin, cuci mobil, ongkos parkir dan tol.

Selain itu pikirkan dan hitung juga servis berkala yang masuk ke dalam biaya operasional kendaraan. Serta jangan lupakan ada pembayaran pajak setahun sekali atau lima tahunan.

Manfaatkan promo

Lebih lanjut, jangan lupa selalu mencari tau promo menarik yang disediakan dealer. Hal ini bisa meringankan terutama bila berkaitan dengan diskon.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER