Line Today Gulung Tikar 6 Juli 2022 di Indonesia

CNN Indonesia
Selasa, 14 Jun 2022 09:58 WIB
Portal aplikasi beragam berita, Line Today akan tutup usia mulai 6 Juli 2022. Line Today tutup per 6 Juli 2022. (Foto: iStock/FreshSplash)
Jakarta, CNN Indonesia --

Portal aplikasi beragam berita, Line Today akan tutup mulai 6 Juli 2022. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh pihak Line Indonesia, Selasa (14/6).

Fanny Verona, Country Manager LINE Indonesia mengatakan keputusan menutup Line Today karena pihaknya hendak berfokus pada bisnis teknologi keuangan di Indonesia.

"Keputusan tersebut merupakan keputusan strategis kami untuk kembali fokus pada bisnis teknologi keuangan di Indonesia," kata Fanny dalam keterangannya, Selasa (14/6).

Namun demikian pihaknya mengatakan akan tetap menyediakan layanan esensial lain, termasuk aplikasi pesan instan Line, Line Bank, Line Webtoon, Line Game, Line Split Bill dan Line Timeline.

"Beberapa layanan, termasuk aplikasi standalone kami akan tetap beroperasi sama seperti sebelumnya," ujarnya.

Fanny mengatakan, Indonesia masih menjadi empat pasar utama Line, yang meliputi Jepang, Taiwan dan Thailand. Dengan demikian pihaknya masih akan terus menyediakan layanan pesan singkat Line seperti sebelumnya.

Dengan demikian, ditutupnya Line Today diklaim Fanny tidak akan memengaruhi operasi dari Line di Indonesia. Pengguna masih bisa pakai Line untuk komunikasi dengan keluarga maupun kerabat.

"Dari sisi pengguna, para pengguna LINE di Indonesia juga masih dapat menggunakan akun LINE mereka untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga ataupun kerabat lainnya," katanya.

Sebelumnya Line Indonesia dikabarkan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 80 karyawan dan penutupan Line Today pada 31 Mei 2022.

Fanny merilis klarifikasi dan menegaskan bahwa pemangkasan 80 karyawan tidak benar.

"Sejalan dengan arah bisnis strategis kami, kami akan menetapkan sumber daya perusahaan kami. Adapun kami mengonfirmasi jika jumlah 80 orang yang tersiar tidak benar," tutur Fanny kepada CNNIndonesia.com, Kamis (2/6).

Fanny pun membantah bahwa layanan Line Today tutup. Sebab, sambungnya, sampai sekarang pengguna masih bisa mengakses layanan berita tersebut hingga saat ini.

"Untuk LINE TODAY, hingga saat ini pengguna layanan LINE TODAY masih dapat mengakses serta menikmati berbagai konten berita maupun cerita secara menyeluruh," imbuhnya.

Namun kabar ditutupnya Line Today menyeruak di media sosial sejak Senin (13/6) malam. Akun Instagram Ecommurz membagikan email dari Line Today yang menerangkan nasib layanan tersebut.

"Layanan Line Today akan dihentikan akses publiknya mulai tanggal 6 Juli 2022. Halaman-halaman konten Line Today akan dialihkan ke sebuah halaman pemberitahuan," bunyi email Line.

(can/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER