Mengenal Rumus Hitung Wajah yang Buktikan Amber Heard Wanita Tercantik

CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 17:58 WIB
Wajah Amber Heard dihitung menggunakan rumus matematika peninggalan dari Yunani Kuno. Mantan istri Johnny Depp, Amber Heard salah satu wanita tercantik di dunia. (Foto: AFP/NIKLAS HALLE'N)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kecantikan seorang wanita sering dianggap sebagai istilah "relatif" atau juga "subjektif". Setiap orang memiliki pandangan berbeda untuk menilai wajah sosok wanita atau pria.

Di balik perdebatan itu, ada sebuah metode kuno bernama golden ratio atau rasio emas disebut sebagai acuan yang dapat digunakan untuk menilai wajah cantik seseorang wanita secara sains.

Baru-baru ini, mantan istri Johnny Depp, Amber Heard disebut sebagai salah satu wanita dengan wajah cantik di dunia menurut metode tersebut.


Temuan matematis Amber Heard punya wajah tercantik ini diungkap oleh ahli bedah kosmetik asal Inggris, dr Julian De Silva, seperti diberitakan New York Post pada Selasa (21/6).

Selain Amber Heard, aktris yang masuk ke dalam jajaran wajah tercantik adalah Bella Hadid, Beyonce, dan Ariana Grande, seperti dikutip India Times.

Selama masa Renaisans Eropa, seniman dan arsitek terkenal menggunakan persamaan golden ratio untuk menilai karya mereka.

Kemudian ratusan tahun berselang, para ilmuwan mengadopsi rumus matematika ini untuk membantu menjelaskan mengapa beberapa orang dianggap cantik dan yang lainnya tidak.

Rasio Emas tersebut didasarkan pada angka Fibonacci. Angka Fibonacci adalah urutan angka di mana angka berikutnya adalah jumlah dari dua angka yang sebelumnya. 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21 dan seterusnya. Leonardo Fibonacci menemukan urutan ini sekitar tahun 1200 Masehi.

Deretan angka tersebut, rasio emas yang didapat adalah 1,618033. Dalam matematika, ini disebut bilangan irasional atau bilangan di mana desimal tidak pernah berakhir dan dalam urutan yang tidak dapat diulang, seperti Pi. Bilangan irasional juga dapat ditulis sebagai desimal tetapi tidak sebagai persamaan.

Golden ratio sendiri biasanya dibulatkan menjadi 1,618. Artinya wajah Amber Heard sangat sempurna sehingga pantas disebut salah satu wanita tercantik di dunia.

Rasio ini telah banyak digunakan dan memiliki banyak nama sepanjang sejarah, di antaranya Phi, Golden Ratio, Golden Section, Divine Proportion, dan lain-lain.

Rasio ini dapat dilihat dalam arsitektur di berbagai peradaban seperti Piramida Mesir. Rasio Piramida Agung Giza antara panjang alas dengan tingginya adalah sekitar 1,5717, yang mendekati rasio tersebut, seperti dikutip Interesting Engineering.

Cara hitung wajah Amber Heard

Dalam kecantikan, pengukuran dimulai dari garis rambut dahi ke titik di antara mata, lalu ke bagian bawah hidung dan dari sana ke bagian bawah dagu.

Seseorang dianggap lebih cantik jika jumlah perhitungannya sama atau lebih dekat dengan rasio emas tersebut, yakni 1,618033.

(lom/kim)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER