5 Tanda Mobil 'Rakus' Bahan Bakar

CNN Indonesia
Senin, 20 Jun 2022 15:06 WIB
Seiring dengan pemakaian lama hingga bertahun-tahun, konsumsi bahan bakar mobil bisa saja berubah menjadi boros karena berbagai faktor mulai usia komponen. Ciri-ciri konsumsi bahan bakar mobil lebih boros. (Foto: CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setiap mobil keluaran terbaru umumnya konsumsi bahan bakarnya lebih efisien. Ini karena komponen dalam mesin masih "fresh".

Namun seiring dengan pemakaian lama hingga bertahun-tahun, konsumsi bahan bakar bisa saja berubah menjadi boros karena berbagai faktor mulai usia komponen dan lainnya. Mobil yang jarang diservis juga menjadi pemicu lebih boros bahan bakar.

Apa saja tanda-tanda mobil boros BBM. Berikut ulasannya.


Sering isi bahan bakar

Ciri pertama tentu mobil boros terlihat dari jangka waktu pengisian bensin yang sangat sering. Ini bisa Anda bandingkan dari saat awal penggunaan dengan cara pakai, dan jarak tempuh yang sama dalam keseharian.

Suara mesin mulai kasar

Mobil yang sering diservis berkala pasti memiliki suara mesin halus. Jika mulai terdengar suara mesin kendaraan kasar dan berisik maka bisa dipastikan mobil memiliki masalah.

Bukan saja mengakibatkan konsumsi bensin tidak efisien tetapi juga berdampak pada keseluruhan kinerja mesin kendaraan. Hal ini bisa diakibatkan oleh kondisi klep yang terlalu rapat atau longgar.

Kinerja mesin terasa berat

Kesulitan menginjak pedal gas juga menjadi ciri mobil yang boros bensin. Pedal gas terasa berat dan jika terus diinjak akan membuat bahan bakar habis dengan sangat cepat. Hal ini diakibatkan karena filter udara tersumbat oleh debu dan kotoran lainnya.

Semua debu dan kotoran perlu dibersihkan supaya mobil kembali bertenaga dan siap untuk diajak berkendara.

Ada aksesori berlebihan

Mesin terasa berat? Tarikan mesin tidak bertenaga? Coba perhatikan seluruh eksterior mobil Anda. Jika mobil tersebut dibeli dari orang lain alias bekas, Anda perlu memperhatikan keseluruhan bagian kendaraan.

Kemungkinan besar tarikan mesin tidak bertenaga karena eksterior mobil yang digunakan tidak tepat seperti halnya pelek kebesaran.
Pelek mobil yang kebesaran akan membuat komponen lain bekerja lebih keras dari biasanya. Hal ini juga bisa menjadi penyebab mengapa bensin habis dengan cepat.

Bau bensin menyengat

Ciri terakhir, munculnya bau bensin yang menyengat. Dapat dipastikan bensin dalam tangki bocor dan menyebabkan penurunan BBM secara drastis. Bensin yang terus tercium harus kita waspadai supaya kebocoran tidak berlanjut, mengutip situs resmi Auto2000.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER