Spesifikasi Calon Mobil Baru Suzuki S-Presso Pengganti Karimun

fea | CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 05:20 WIB
S-Presso diprediksi akan menjadi mobil termurah Suzuki di Indonesia setelah ditinggal Karimun Wagon R. Suzuki S-Presso. (Maruti Suzuki)
Jakarta, CNN Indonesia --

S-Presso adalah model yang diduga kuat akan dijual Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia. Mobil ini pertama kali meluncur 30 September 2019 di India sebagai pengisi ruang di atas Alto dan di bawah Wagon R.

Suzuki merancang S-Presso menggunakan platform Heartech yang juga digunakan menjadi basis Swift dan Wagon R. Secara keseluruhan S-Presso lebih kecil dari Wagon R, ukuran mobil ini panjang 3,56 meter, lebar 1,52 meter dan tinggi 1,56 meter.


Jantung pacu S-Presso adalah 3-Silinder 998 cc K10B dengan besar tenaga 67 hp dan torsi 90 Nm. Mesin ini standar BS6 atau setara Euro 6 dengan kapasitas tangki bahan bakar yang tersedia 27 liter.

Ada dua transmisi yang tersedia yaitu manual 5-percepatan dan Auto Gear Shift (AGS). Semua tenaga dari mesin disalurkan ke kedua roda depan.

Berat kosong S-Presso 726-767 kg, ini merupakan salah satu poin pendukung efisiensi bahan bakar. Maruti Suzuki mengklaim dalam situsnya konsumsi bahan bakar terbaik mobil ini 21,7 km per liter.

Fitur yang tersedia di mobil ini di antaranya dua airbag untuk sopir dan penumpang, ABS plus EBD, power steering, remote keyless entry, immobiliser, dan sensor parkir.

S-Presso spesifikasi India pernah menjalani uji tabrak Global NCAP dengan hasil mengecewakan yaitu nol bintang.

Setelah India, pesaing Renault Kwid itu dijual di Nigeria pada 2019 dan Afrika Selatan pada 2020. Kemudian pada 2020 juga meluncur di Chile, Peru dan Filipina.

S-Presso terendus kuat akan meluncur di Indonesia, kemungkinan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11-21 Agustus 2022.

S-Presso sebelumnya terlihat dalam permohonan paten desain di dalam negeri, kemudian pekan lalu netizen melaporkan mendapatkan foto penampakannya sedang diangkut truk di Indonesia.

Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum mengonfirmasi S-Presso akan meluncur di Tanah Air.

"Untuk produk baru sebentar lagi, sabar," Direktur Pemasaran SIS Donny Saputra.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER