Ikan Pari yang Ditangkap di Kamboja Lebih Besar dari Beruang Kutub

CNN Indonesia
Rabu, 22 Jun 2022 19:10 WIB
Ikan pari raksasa yang ditangkap di Kamboja berukuran sekitar 4 meter. Ikan pari yang disebut terbesar di dunia baru saja ditangkap di Kamboja, berukuran 4 meterFoto: AP/Sinsamout Ounboundisane
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang nelayan di Kamboja menangkap ikan pari terbesar yang pernah ditangkap di air tawar, berukuran 4 meter. Ikan pari yang berhasil ditangkap ini berukuran sebesar beruang kutub.

Mengutip situs WWF, beruang kutub merupakan jenis beruang terbesar di dunia dengan panjang mencapai dua meter. Beruang kutub jantan bisa mencapai berat 589kg, sementara beruang kutub betina mencapai 317kg.

Nelayan menangkap ikan pari Christened Boramy seberat 300 kilogram tersebut di Sungai Mekong, Kamboja.


Dilansir Reuters, ikan tersebut awalnya tidak sengaja tertangkap oleh nelayan pekan lalu di Koh Preah, sebuah pulau di sepanjang bentangan sungai Kamboja utara.

Setelah tertangkap, warga setempat memutuskan untuk melepaskan kembali ikan ini ke sungai. Pelepasan ikan sepanjang empat meter ini membutuhkan puluhan orang.

Sebelum dilepas ke sungai, para peneliti memasang alat pelacak elektronik untuk memantau aktivitas dan perilaku ikan tersebut.

Ahli biologi Zeb Hogan menyebut temuan ikan pari raksasa ini menandakan bentangan Sungai Mekong masih terbilang memiliki kadar air yang sehat.

"Ini adalah berita yang sangat menarik karena itu adalah ikan terbesar di dunia," kata dia, dikutip dari Reuters. "Ini adalah tanda harapan bahwa ikan besar ini masih hidup (di sini)," katanya.

Penemuan ikan pari raksasa ini memecahkan rekor penangkapan ikan air tawar terbesar sebelumnya, yakni lele raksasa seberat 293 kilogram yang ditangkap di hulu sungai di Thailand utara pada 2005 silam.

Menurut River Commision, Sungai Mekong memiliki populasi ikan paling beragam ketiga di dunia. Namun sayangnya, penangkapan ikan yang berlebihan, polusi, intrusi air asin, dan penipisan sedimen telah menyebabkan stok ikan di kawasan tersebut menurun drastis.

Ikan pari air tawar raksasa mungkin merupakan ikan air tawar terbesar di dunia. Namun, tidak ada yang dapat memperkirakan total populasinya yang tersisa, habitat mana yang disukai, pernah atau tidak menjelajah ke laut.

Dilansir National Geographic, ikan yang tergolong purba ini dapat mencapai ukuran panjang 5 meter, termasuk ekornya. Ada juga laporan tentang ikan pari raksasa yang beratnya hampir 600 kilogram, meskipun akun media sosial yang memberikan informasi itu tidak bisa diverifikasi.

Ikan pari air tawar raksasa diketahui berkeliaran di wilayah sungai di Thailand, Kamboja, Malaysia, dan Indonesia. Pari kerap mengubur dirinya di bagian dasar sungai berpasir atau berlumpur.

Dikarenakan kerap mengubur dirinya di pasir, para ilmuwan jadi hanya mengetahui sedikit soal pari air tawar raksasa ini.

Ikan pari raksasa bernapas melalui lubang, atau spirakel, di bagian atas tubuh mereka. Hewan purba ini biasanya berburu kerang atau kepiting dengan sensor yang terletak di sekitar mulut yang bisa mendeteksi medan listrik pada hewan buruan.

[Gambas:Video CNN]

(lom/lth)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER